Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kemenkumham Kalsel) menggelar orientasi bagi 33 calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi rekrutmen Tahun Anggaran 2023 untuk membentuk insan Pengayoman sejati.

"Orientasi berlangsung empat hari dari tanggal 22 hingga 25 April 2024," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Lapas Narkotika Karang Intan juara 2 Inmates Got Talent

Para CPNS tersebut mengikuti kegiatan yang meliputi aktivitas olahraga, pelatihan baris-berbaris, dinamika kelompok, serta kunjungan lapangan ke Badan Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Banjarmasin dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin. 

Selain itu, peserta kegiatan tersebut juga diberikan arahan dan pengenalan tentang organisasi, tugas, dan fungsi dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) dan Kepala Divisi (Kadiv).

Taufiqurrakhman menekankan pentingnya menjunjung tinggi nilai inti aparatur sipil negara (ASN) dengan prinsip berAKHLAK, sejalan dengan tata nilai PASTI Kemenkumham.

Apalagi pada 2024 ditetapkan sebagai tahun untuk memperkuat sinergi yang semakin pasti dan berakhlak untuk meningkatkan kinerja Kemenkumham yang semakin berdampak.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel-Bank Kalsel bersinergi majukan UMKM

Selain itu, Kakanwil juga menyoroti strategi-strategi yang diperlukan dalam menjalankan tugas sebagai insan Pengayoman, seperti berpikiran terbuka, semangat belajar, mencoba ide baru, dan praktik perilaku yang sesuai dengan nilai kepegawaian yang baik.

Integritas, menurutnya, merupakan aspek yang sangat penting sehingga CPNS diharapkan melakukan hal yang benar bahkan ketika tidak ada yang memperhatikan.

Peserta orientasi CPNS juga diberikan pesan untuk membersihkan hati dan pikiran dari hal negatif, membangun komitmen yang tinggi, serta menanamkan integritas moral yang kuat sebagai modal awal dalam memulai karier sebagai CPNS.

Baca juga: Semangat baru berikan pelayanan terbaik

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024