Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan memperkuat kapasitas organisasi mahasiswa lewat berbagai cara untuk mampu meraih prestasi sesuai bakat, minat dan keahlian.
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Jumat, menyampaikan upaya tersebut terus dilakukan untuk meningkatkan Ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: Poliban raih penghargaan Kemendikbud Ristek kategori KIP
 
Implementasi ini, dilaksanakan antara lain melalui sosialisasi pedoman organisasi kemahasiswaan dan kuliah umum mengenali diri pada 17 April 2024.
 
"Kemudian juga ekspose potensi agar mampu meraih prestasi sesuai bakat, minat dan keahlian," tuturnya.
 
Joni pun menyampaikan ada 31 organisasi kemahasiswaan di Poliban yang diberikan perhatian lewat kegiatan tersebut.
 
Dijelaskan dia, sosialisasi pedoman organisasi mahasiswa ini juga bentuk implementasi dari Undang-Undang Nomor 12 Pasal 14 tentang perguruan tinggi, sebagaimana yang tertera bahwa mahasiswa berhak mendapatkan hak pendidikan yang sesuai dengan potensi, bakat dan kemampuan diri.
 
Dikatakan dia, melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler yang dapat dilakukan melalui organisasi kemahasiswaan.

Baca juga: Poliban turunkan tim khusus uji septic tank Tripikon S di Sungai Martapura
 
"Harapannya, lewat pedoman ini mahasiswa bisa terdorong untuk meningkatkan prestasinya lebih baik lagi," ucap Joni.
 
CEO AS Academy by Raisanty Sistia Raisanty diundang Poliban untuk memperkuat kapasitas organisasi mahasiswa pada kegiatan tersebut, menyampaikan, strategi membangun pola pikir sukses dan bagaimana membentuk "personal branding" sejak di bangku kuliah.
 
Raisanty pun memberikan tiga tahapan untuk membangun personal branding tersebut, yakni self awareness (mengenali diri sendiri), self regulation (menentukan perilaku atau kebiasaan yang harus dibuang atau dipertahankan) dan self reputation (melatih konsistensi dalam setiap perilaku).
 
"Branding ini hal yang kita lakukan dengan sengaja. Jadi sekarang apa yang kalian lakukan akan membentuk bagaimana kalian dibenak orang," demikian katanya.

Baca juga: Sembilan mahasiswa Poliban raih prestasi beasiswa IISMA 2024 ke luar negeri
 
Baca link: Poliban
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024