Tanjung (Antaranews Kalsel) - Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani menargetkan ibukota kabupatennya Tanjung menjadi kota metropolis di provinsi ini, mengingat posisinya yang strategis sebagai kota transit.


"Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah kabupaten untuk mewujudkan Kota Tanjung sebagai salah satu pusat kota di Kalsel karena Kabupaten Tabalong berbatasan dengan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur," jelas Anang di Tanjung, Rabu.

Hal ini disampaikan Anang saat menggelar pertemuan dengan kalangan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam Forum Koordinasi Tabalong maupun Aliansi LSM setempat.

Anang menegaskan infrastruktur dan sarana perkotaan bisa di bangun di `Bumi Saraba Kawa` ini seperti pusat perbelanjaan, sarana transportasi udara maupun darat.

Bahkan rencananya Bandara udara Warukin yang berada di Kecamatan Murung Pudak akan kembali dioperasikan dengan melayani penerbangan Tabalong - Banjarmasin maupun Tabalong - Surabaya.

Menyusul telah ditandatanganinya nota kesepahaman antara PT Pelita Air Service salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dengan Pemkab Tabalong.

"Penataan kota sudah mulai kita lakukan termasuk merenovasi Mall Mabuun agar menjadi pusat perbelanjaan yang moderen serta membangun Tabalong Expo Center," ungkap Anang.

Kabupaten Tabalong sendiri merupakan kabupaten paling ujung di Provinsi Kalsel yang berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dan memiliki Bandara Udara satu-satunya di wilayah Banua Enam.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016