Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan bentuk rentetan terakhir atas kesiapan Operasi Ketupat Intan 2024.

“Apel gelar pasukan ini merupakan sebuah bentuk rentetan terakhir atas kesiapan kita dalam menjalankan Ops Ketupat tahun ini,” kata Riza di Kabupaten Balangan, Kamis.

Menurut Kapolres Riza hal ini juga merupakan sebagai komitmen nyata, sinergitas TNI-Polri dan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kapolres menyebutkan berdasarkan survei indikator kepuasan masyarakat dan penyelenggaraan penanganan arus mudik tahun 2023, mencapai 89,5 persen atau meningkat 15,7 persen dibandingkan tahun 2022.

Riza menambahkan hal tersebut merupakan wujud apresiasi masyarakat kepada Kepolisian Republik Indonesia yang melakukan pengamanan arus mudik dan balik.

Sementara itu, berdasarkan survei Kementerian Perhubungan Republik Indonesia tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 persen dibandingkan tahun 2023.

Oleh sebab itu ujar Riza, Kapolri mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal agar dapat terhindar dari kemacetan dan berbagai faktor lainnya.

Diketahui pada apel gelar tersebut dipimpin oleh Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin yang diikuti oleh anggota Polres Balangan, TNI, Pol-PP, BPBD dan Pramuka di wilayah hukum Balangan.

Pada apel gelar tersebut juga diikuti TNI-Polri bersama stakeholder terkait, yang mana melibatkan sebanyak 155.165 personel di seluruh Indonesia dari tanggal 4 hingga 16 April 2024.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024