Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mencapai enam sektor pembangunan yang menonjol pada Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) 2023.

Bupati HST Aulia Oktafiandi di Hulu Sungai Tengah, Kamis, mengatakan capaian pembangunan menonjol itu, yakni indeks pembangunan manusia (IPM) naik 0,61 persen, angka kemiskinan turun  1,35 persen, angka pengangguran turun 2,68 persen, ekonomi meningkat 4,58 persen, pendapatan per kapita naik 6,86 persen, serta ketimpangan pendapatan turun 1,31 persen.

Baca juga: Pemkab HST fokus pulihkan ekonomi pada 2024-2025

“Secara umum pencapaian kinerja makro Pemkab Hulu Sungai Tengah sudah cukup baik,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa LKPj 2023 merupakan bagian dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) HST periode 2021-2026 yang sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah.

“Sejalan dengan pencapaian kinerja ini, keberhasilan yang kita raih tidak akan pernah membuat kita merasa puas. Sehingga ini akan menjadi motivasi untuk terus bekerja dan membangun guna membawa daerah menjadi lebih baik di masa depan,” ujar dia pula.

Baca juga: RSUD Barabai tambah ruang rawat inap cegah angka kematian anak

Menurut dia, permasalahan dan kendala yang dihadapi pemerintah daerah harus dijadikan bahan pembelajaran untuk perbaikan layanan publik, serta bekerja dan berinovasi dalam membangun daerah demi kemajuan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Aulia menjelaskan penyusunan LKPj 2023, selain untuk memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku, juga sebagai bahan masukan bagi Bupati dan Wakil Bupati dalam mengambil kebijakan selanjutnya.

Ia berharap segala hal yang sudah baik dalam LKPj 2023 dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

“Kita barus bahu membahu untuk meningkatkan pencapaian kinerja supaya masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah lebih makmur dan sejahtera lagi,” ujar dia.

Baca juga: Pemkab HST salurkan bantuan Rp1,37 miliar ke pondok pesantren

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024