Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) fokus memperbaiki tata kelola pemerintahan untuk memulihkan perekonomian pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024-2025.

Bupati HST Aulia Oktafiandi di Hulu Sungai Tengah, Rabu, mengatakan aspek kesejahteraan masyarakat, peningkatan pelayanan publik, dan peningkatan daya saing daerah harus menjadi atensi atau perhatian dalam melaksanakan pembangunan 2025.

Baca juga: Wabup HST: Keberadaan BSI jadi barometer percepatan ekonomi

“Rencana pembangunan Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada 2025 fokus penguatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif serta peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui perbaikan tata kelola pemerintahan,” ujarnya.

Dia menekankan seluruh program kegiatan maupun rincian kegiatan yang disusun harus dapat menjadi arah bagi seluruh mitra dalam perencanaan pembangunan periode mendatang.

Pada penyusunan RKPD 2025, kata dia, semua pimpinan dan aparatur perangkat daerah harus berpikir lebih terbuka, memiliki visi ke depan, terintegrasi, dan inovatif.

Karena itu, pemerintah daerah harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur, dengan demikian penyelenggaraan pembangunan pada 2025 akan lebih terarah, terukur, dan akuntabel.

Baca juga: Bupati HST: Program TMMD Kodim 1002 buka jalan tani dongkrak ekonomi

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut Aulia, perlu kerja keras, inovasi, sinkronisasi, dan sinergi program kegiatan baik secara vertikal antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten ataupun secara horizontal antara SKPD.

Ia berharap melalui Musrenbang RKPD 2025, dapat menumbuhkan partisipasi dan peran aktif seluruh komponen masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di kabupaten tersebut.

“Semoga kolaborasi ini dapat terus kita pertahankan dan tingkatkan, sehingga percepatan pembangunan di Bumi Murakata dapat kita wujudkan,” ujarnya lagi.

Acara Musrenbang penyusunan RKPD Kabupaten HST 2025 dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan inovasi dan penghargaan desa dengan perencanaan pembangunan terbaik.

Baca juga: Pemkab HST tingkatkan ekonomi UMKM melalui "Murakata Coffee Festival"

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024