Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah berkeinginan agar pembiayaan Forum Anak bisa dianggarkan secara khusus, atau ditambah.

"Agar mereka bisa bergerak aktif melakukan kegiatan di masyarakat, seperti penyuluhan di sekolah," kata pj bupati saat menghadiri silaturrahmi dengan Forum Anak, di aula Dinas PPKB PPPA HSS, mengutip pers release Diskominfo HSS, Kamis.

Selain itu juga untuk pertemuan dan kegiatan Forum Anak ke tempat-tempat yang rentan dan tinggi terjadi pernikahan di usia dini, sehingga mereka punya peran dan kesempatan.

Forum Anak merupakan wadah yang baik menggembleng anak secara yang positif,serta mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah ikut membantu forum anak dalam kegiatannya, seperti Dinas Pendidikan HSS, Bank Kalsel, dan Baznas HSS.

Menurut dia, kalau semua pihak peduli dan ikut memberikan perhatian pada forum anak, maka generasi muda akan tetap terjaga dengan baik, dari berbagai kasus yang terjadi dewasa ini.

Baca juga: Pj Bupati HSS tegaskan urgensi pembentukan satgas lintas sektor

"Berbagai kasus kekerasan pada anak, bullying, bahkan bunuh diri kini sudah semakin marak, tindak kejahatan terhadap anak juga meningkat, ironisnya terkadang dilakukan oleh temannya, orang sekitar, bahkan keluarga terdekat," terangnya.

Hal Ini membutuhkan edukasi masyarakat sejak dini, dan lewat forum anak yang aktif maka pemerintah punya kepentingan dan tanggung jawab, besar agar anak-anak bisa memiliki sikap dewasa dalam menghadapi situasi sekarang.

Sementara itu, Bunda Forum Anak sekaligus Penjabat Ketua PKK HSS Rusnawati Hermansyah, juga ikut memberikan motivasi terhadap para anggota forum.

Tugas berat ini menurut dia, sebenarnya tidak hanya oleh anak-anak saja, tetapi perlu keterlibatan semua pihak dan lembaga, termasuk peran orang tua dan warga masyarakat.

"Dengan pemahaman yang bersinergi tentang pentingnya melindungi anak-anak kita, dari berbagai kemungkinan kasus yang bisa menimpa mereka," paparnya.

Baca juga: Polres HSS ungkap perundungan anak karena rebutan kekasih

Pelaksana Tugas Kepala Dinas PPKB PPPA Lothvie Rahmani, mengatakan silaturahmi ini dilaksanakan bentuk motivasi dan pembinaan untuk anggota forum.

Selain itu, mengingat semakin banyaknya kasus yang terjadi pada anak-anak, bahkan terkadang malah dengan pelaku dan korban juga sesama anak.

"Kami harapkan anak-anak di forum ini bisa mewakili anak-anak di sekolah, bisa berani menjadi pelopor dan pelapor, kalau ada yang terjadi pada anak-anak bisa dilaporkan ke pihak terkait," ucapnya.

Di rangkaian silaturahmi penyerahn bantuan dari anggota Forum Anak terhadap teman-temannya lewat program Siswa Asuh Sebaya (SAS), yang diterimakan Kepala Dinas Pendidikan. Juga turut diserahkan secara simbolis beberapa souvenir untuk mereka oleh pj bupati dan pj ketua PKK.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024