DPRD Provinsi Kalimantan Selatan studi komparasi guna membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2023 ke Jawa Barat (Jabar) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 24-26 Maret 2024.

Anggota Panitia Khusus (Pansus) I LKPj 2023 DPRD Kalsel Suripno Sumas di Banjarmasin, Selasa, menerangkan pihaknya studi komparasi ke DPRD Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalteng guna mendapatkan perbandingan.

Pasalnya, menurut Suripno yang juga Sekretaris Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) DPRD Kalsel tersebut, banyak hal yang memerlukan kajian serta perbandingan.

Sebagai contoh, alasan terjadi sisa anggaran belanja pembangunan (SIAP) dan tindak lanjut atau solusi, ujar wakil rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

"Kita berharap dari hasil studi komparasi mendapatkan masukkan untuk membuat rekomendasi kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengalami SIAP agar ke depan tidak terulang," demikian Suripno Sumas.
 
Pansus I LKPj Gubernur Kalsel 2023 saat kunjungan kerja ke DPRD Jabar di Bandung Senin (25/3/2024). (ANTARA/HO-Humas Setwan Kalsel)
 

Sementara kelompok Wakil Ketua Pansus I LKPj 2023, Hj Rachmah Norlias atau yang akrab dengan sapaan Ibu Amah studi komparasi ke DPRD Jabar dalam waktu bersama.

"Dalam pembahasan LKPj tersebut pada DPRD Jabar berbeda dengan Kalsel. Mereka tidak berdasarkan Komisi, tapi keanggotaan Pansus atas penunjukan fraksi-fraksi," ujar Ibu Amah.

Begitu pula dalam pembuatan rekomendasi LKPj yang sedang pembahasan tetap mencantumkan rekomendasi LKPj-LKPj tahun-tahun sebelumnya yang belum terlaksana, ungkap "Srikandi " Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Ia juga berharap, dari hasil studi komparasi dapat menjadi bahan pertimbangan dalam membuat rekomendasi terhadap LKPj Gubernur Kalsel 2023.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024