Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Banjarbaru, Kalimantan Selatan, meluncurkan layanan "tombol darurat" yang bisa digunakan masyarakat untuk melaporkan tindak kejahatan, kecelakaan, kebakaran, dan kejadian lain.


Peluncuran layanan berbasis teknologi informasi itu dilakukan Wakapolda Kalsel Kombes Irianto yang didampingi Kapolres Banjarbaru AKBP Eko Wahyuniawan di Mapolres Banjarbaru, Selasa.

"Kami mengapresiasi pelayanan yang diberikan jajaran Polres Banjarbaru dalam membantu dan melindungi masyarakat," ujar wakapolda di sela acara yang dihadiri undangan dari berbagai kalangan itu.

Ia mengatakan pelayanan kepada masyarakat yang diberikan kepolisian termasuk Polres Banjarbaru merupakan tindak lanjut program yang diinstruksikan Kapolri Jenderal Tito Carnavian.

Ia mengatakan pelayanan yang diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat sebagai wujud komitmen memberikan pelayanan yang profesional, modern, dan terpercaya (promoter).

"Seluruh jajaran kepolisian siap untuk memberikan pelayanan promoter dengan memanfaatkan teknologi informasi agar pelayanan cepat dan mudah," ucapnya didampingi pejabat utama polda.

Kapolres Kota Banjarbaru AKBP Eko Wahyuniawan mengatakan, aplikasi yang diluncurkan bisa diakses telepon seluler berbasis android dengan cara menginstal aplikasi yang disediakan.

"Cara menginstalnya mudah dan jika sudah masuk aplikasi serta mengisi data-data yang diperlukan maka masyarakat bisa melaporkan kejadian apa pun yang membutuhkan polisi," ujarnya.

Dijelaskannya, cara instal sangat mudah diawali membuka App Store dan instal aplikasi "tombol darurat Banjarbaru" dan masukan nama, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan alamat email.

Disebutkannya, pengoperasian aplikasi sangat mudah cukup membuka aplikasi lalu tekan "help", otomatis posisi, nama dan nomor HP muncul dilayar monitor operator di Polres Banjarbaru.

"Operator segera menghubungi nomor telepon dan menanyakan kejadian yang dialami kemudian operator menghubungi petugas terdekat untuk memberikan pelayanan," kata dia.

Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan menyambut positif upaya jajaran Polres Banjarbaru dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat di kota itu.

"Kami sangat mendukung langkah yang dilakukan Polres Banjarbaru karena sejalan dengan visi misi mewujudkan Banjarbaru sebagai kota pelayanan yang berkarakter," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016