Pemerintah Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan menyediakan sebanyak 50 stan Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) pada Pasar Berkah Ramadhan 1445 Hijriah di Halaman Pasar Limbur Raya.

"Bulan Suci Ramadhan momentum menggerakkan sektor UMKM serta menanamkan nilai ajaran Islam Rahmatan Lilalamin kepada masyarakat," kata Bupati Kotabaru H Sayed Jafar di Kotabaru, Rabu.

Baca juga: Arutmin Kotabaru dan mitra kerja bagikan ribuan paket Ramadhan.

Sayed menyampaikan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu seluruh umat muslim di dunia, karena bulan mulia dan penuh berkah, serta banyak keutamaan yang dijumpai.

Sayed menuturkan umat Islam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT pada Ramadhan, selain itu masyarakat menjajakan UMKM berbagai jenis makanan takjil untuk menambah penghasilan keluarga.

"Melalui kegiatan pasar berkah Ramadhan 1445 Hijriah yang kita selenggarakan mulai awal hingga akhir Ramadhan ini," ujarnya.

Ia menambahkan para UMKM yang terlibat di pasar Ramadhan harus memperhatikan kualitas produk supaya konsumen datang berbelanja merasa puas dengan produk yang ditawarkan.

Sayed juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar dapat memanfaatkan berbagai sajian yang ditawarkan dari pasar berkah ini serta antusias datang berbelanja takjil untuk dihidangkan saat berbuka puasa dengan tetap menjaga situasi ini tetap aman hingga akhir Ramadhan.

Baca juga: Lapas Kotabaru fasilitasi warga binaan tetap mandiri di Bulan Ramadhan

Kepala Dispapora Kotabaru Sonny Tua Halomoan mengatakan, wisata kuliner pasar berkah Ramadhan 2024 merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Kotabaru sebagai wujud usaha menggalakkan promosi pariwisata serta menyebarluaskan pengembangan ekonomi kreatif..

"Dalam kegiatan ini diikuti 50 stan yang terdiri dari 40 pedagang pasar limbur atau kemakmuran dan 10 stan pelaku subsektor kuliner ekonomi kreatif Kotabaru," tutur Sonny.

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Bank Kalsel sebagai mitra Pemkab Kotabaru, yang dalam kesempatan ini Bank Kalsel meluncurkan Qris di pasar berkah Ramadhan 2024 sebagai transaksi keuangan digital.

Selain itu, wisata kuliner pasar berkah Ramadhan 2024 akan ditampilkan berbagai macam kesenian dan budaya pada setiap Sabtu dan Minggu selama Bulan Ramadhan.

Sonny berharap wisata kuliner pasar berkah Ramadhan 2024 akan terjadi transaksi keuangan yang baik, selain menambah pendapatan para pedagang yang juga sebagai berkah saat Bulan Ramadhan.

Baca juga: Pemkab Kotabaru tingkatkan UMKM dengan Festival Gebyar Ramadhan

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024