Pemerintah Kabupaten Kotabaru berupaya meningkatkan usaha kecil mikro menengah (UMKM) dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan melalui Festival Gebyar Ramadhan Kotabaru 1444 H di kawasan Wisata Siring Laut 23 Maret-20 April 2023.

"Sebagai umat islam mari menyambut bulan suci Ramadhan dengan suka cita yang diisi dengan kegiatan positif, salah satunya melalui kegiatan Gebyar Ramadhan Kotabaru 1443H/2023 M dari awal  hingga akhir Ramadhan," Kata Bupati Kotabaru Sayed Jafar di Kotabaru,Jumat.

Sayed mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian UMKM dan bangkit setelah diterpa kelesuan ekonomi akibat pandemi COVID-19 serta dapat dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan berbagai kegiatan Islami.

Ia juga menjelaskan festival ini digelar di kawasan wisata Siring Laut untuk menarik minat masyarakat saat menunggu berbuka puasa sambil berbelanja dengan disuguhi wisata yang ada di Siring Laut.

"ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan Asli Daerah ( PAD ) dari retribusi parkir dan yang lainnya," katanya

Bupati juga mengajak kepada seluruh pedagang untuk selalu menjaga kebersihan agar tak merusak pemandangan di kawasan wisata yang menjadi idola bagi masyarakat BumI Saijaan.

Dia juga menerangkan memilih tempat di kawasan wisata Siring Laut, sebab memiliki wilayah yang luas, seperti parkir, lokasi tenda luas juga memiliki fasilitas penunjang lainnya seperti tempat ibadah, wahana bermain dan lain lain.
Bupati Kotabaru meresmikan festival gebyar Ramadhan di kawasan wisata Siring Laut (ANTARA/HO - Ahsin)


Sementara itu,Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kotabaru (Koperindag)  Hardhani mengungkapkan, Festival Gebyar Ramadhan Kotabaru 1444 H tahun 2023 ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan Islami dengan dimeriahkan 22 stand kecamatan dalam memperkenalkan UMKM.

"Pedagang pasar wadai Ramadhan Kotabaru ada sebanyak 72 peserta dari 36 tenda yang menjual kue basah, kue khas Ramadhan, sayur masak dan lainnya," kata Hardani.

Dia juga menjelaskan semua stand ini tidak dipungut biaya oleh panitia penyelenggara.Langkah ini di ambil sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Kotabaru dalam meningkatkan animo para pedagang dan UMKM serta peningkatan kunjungan pariwisata yang ada di Siring Laut selama Bulan Ramadhan 2023.

"Selain pasar wadai dan bazar UMKM, juga ada hiburan islami seperti tausiyah atau kultum, lomba imtaq, lomba fashion sasirangan, lomba parcel Ramadhan, lomba desain busana muslim dan lomba bagarakan sahur, lomba tari rudat," tutur Hardani.
Bupati Kotabaru meresmikan festival gebyar Ramadhan di kawasan wisata Siring Laut (ANTARA/HO - Ahsin)

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023