Wakil Ketua I DPRD Banjarbaru, Kalimantan Selatan Taufik Rachman mengapresiasi Pemerintah Kota Banjarbaru yang meraih penghargaan tertinggi pada bidang kebersihan berupa Piala Adipura.
 
"Kami mengapresiasi jajaran Pemkot Banjarbaru yang berhasil meraih Adipura ke-10. Tentu, pencapaian itu menjadi kebanggaan kita semua dan patut disyukuri," ujar Taufik di Kota Banjarbaru, Ahad.

Baca juga: Wali Kota Aditya persembahkan Adipura untuk masyarakat Banjarbaru
 
Menurut Taufik, keberhasilan itu bukan hanya dilakukan dinas atau instansi tertentu tetapi keberhasilan yang didukung seluruh pihak termasuk masyarakat Banjarbaru yang juga memberikan dukungan.
 
Oleh karena itu, Taufik meminta agar masyarakat selalu memberikan dukungan terutama pada program atau kegiatan kebersihan lingkungan yang direncanakan dan dilaksanakan pemerintah kota setempat.
 
"Masyarakat kami imbau mendukung program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Pemkot karena semuanya bisa berjalan baik dan lancar jika seluruh pihak memberi dukungan," ungkapnya.
 
Diharapkan Taufik, Pemkot harus terus berupaya mewujudkan suatu lingkungan yang bersih terutama di tempat yang menjadi penilaian tim Adipura sehingga kondisinya bersih dan nyaman saat penilaian.
 
Disebutkan, kebersihan pasar dan lingkungan sekolah juga perkantoran harus menjadi perhatian utama disamping pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang harus memperhatikan operasional.
 
"Harapan kami, kepedulian terhadap lingkungan terutama yang menjadi fokus penilaian Adipura diperhatikan sehingga nilainya bagus dan tahun depan bisa kembali meraih Adipura ke-11 dan seterusnya," ucap dia.
 
Sebelumnya, Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengatakan keberhasilan meraih penghargaan Adipura tidak terlepas dukungan seluruh pihak terutama petugas kebersihan dan masyarakat.

Baca juga: Banjarbaru kembali raih Adipura dan penghargaan pasar terbaik
 
"Keberhasilan meraih Adipura adalah pencapaian pencapaian bersama yang didukung seluruh pihak dan masyarakat," ujar wali kota usai arak-arakan dan syukuran Adipura di Lapangan Murdjani, Jumat (8/3).
 
Ditekankan Aditya, tanpa dukungan seluruh masyarakat dan pihak terkait lainnya, upaya Pemkot Banjarbaru melalui dinas dan instansi tentu tidak bisa maksimal sehingga kebersamaan menjadi kunci keberhasilan.
 
"Upaya Pemkot memenuhi syarat meraih Adipura tentu tidak bisa tercapai tanpa dukungan masyarakat sehingga melalui rasa kebersamaan semua syarat dan juga target dapat terwujud," ucapnya.
 
Aditya menyampaikan terima kasih kepada petugas kebersihan yang menjadi ujung tombak meraih penghargaan nasional di bidang kebersihan kota itu dan siap untuk memberikan apresiasi bagi mereka.
 
"Petugas kebersihan adalah ujung tombak meraih Adipura sehingga kami selalu berupaya memberikan yang terbaik atas jasa mereka dalam menjalankan tugas sehingga Kota Banjarbaru meraih Adipura," katanya.
 
Diketahui, Kota Banjarbaru menyabet Adipura ke-10 dan penghargaan plakat kebersihan bagi Pasar Bauntung atas pengelolaan sampah terbaik di lingkungan sekitarnya.

Baca juga: Waket DPRD minta Pemkot benahi kekurangan menuju Adipura Kencana

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024