Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) terus komitmen berupaya mencetak wirausaha muda sejak di kampus dengan program mahasiswa wirausaha (PMW) yang kembali dilaksanakan tahun 2024.
 
"Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Poliban sudah berjalan sejak 2016 hingga kini terus menerus dilaksanakan setiap tahunnya," ujar Kepala Unit Penunjang Akademik Pengembangan Karier dan Kemahasiswaan Poliban Akhmad Zaky Yamani di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Direktur Poliban: 30 mahasiswa penerima beasiswa IBFL raih IPK memuaskan
 
Menurut dia, Program Mahasiswa Wirausaha Poliban terus disosialisasikan ke mahasiswa sebagaimana yang baru ini dilaksanakan di Aula Auditorium Lantai 3 UPA.TIK Poliban (5/3/2024) diikuti 150 mahasiswa.
 
Dengan harapan, ucap dia, para mahasiswa yang sudah memiliki jiwa wirausaha bisa termotivasi hingga tumbuh sejak dini dengan program ini.
 
Karena program ini, sambung Zaky, salah satu program andalan untuk mencetak calon wirausahawan muda dan setelah lulus bisa bekerja sambil berwirausaha.
 
"Karena program ini memberikan mahasiswa mendapatkan modal atau pembiayaan merintis usahanya," ucapnya.
 
Karenanya, dalam gelar sosialisasi tentang Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Poliban ini diajarkan juga bagaimana teknis penyusunan proposal yang dibuat hingga tips agar proposal itu bisa lolos seleksi dan mendapat pendanaan untuk modal berwirausaha.

Baca juga: Poliban bangga tim esports raih prestasi di ajang UI Cyber Games se-Asia 2024
 
Untuk makin memotivasi peserta sosialisasi, Poliban menghadirkan narasumber yang sukses berkiprah di dunia bisnis dan merupakan seorang alumni PMW Poliban pada tahun 2021-2022, Luthfiah. Dia kini sukses menjadi enterpreneur muda dengan bisnis kantin dan toko online.
 
Dia pun memberikan motivasi dan berbagi pengalaman menjadi wirausaha muda sejak di kampus Poliban.
 
"Kalau kita ingin memulai bisnis itu, harus punya ide dulu, lalu harus tau target pasarnya siapa, dan paling penting niat dan konsistensi untuk membangun usaha," ucap Luthfiah.
 
Dia berpesan, ketika membangun bisnis jangan mudah patah semangat jika mengalami kegagalan dalam prosesnya.
 
"Sedikit saran, ketika memulai usaha atau ingin mengikuti PMW yang kita itu melibatkan orang lain, carilah partner usaha yang betul-betul menjalankan usaha sampai akhir, karena banyak sekali manfaat PMW ini, kita bisa mendapat modal untuk membangun dan mengembangkan usaha, sayang kalau tidak dijalankan dengan sungguh-sungguh," demikian katanya.

Baca juga: Direktur Poliban ajak tingkatkan taqwa di momen peringatan Isra Mi'raj
 
Baca juga Link:Poliban

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024