Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan mensosialisasikan teknis sistem pengamanan Jaringan Intra Pemerintah (JIP).
 
Kepala DKISP Banjar Muhammad Aidil Basith di Martapura, Selasa, mengatakan pihaknya sebagai pengelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) telah menerapkan sistem Jaringan Intra Pemerintah Kabupaten Banjar.

Baca juga: Pemkab Banjar bangun BTS jangkau 95 persen wilayah sulit sinyal
 
"Kami menerapkan SPBE menghubungkan 27 SKPD dan 20 kecamatan. Jaringan bisa digunakan untuk pertukaran data dan informasi antar instansi maupun akses ke internet," ujar Basith di Martapura, Selasa.
 
Menurut Basith, pengamanan JIP harus dilakukan DKISP sebagai pengelola dan SKPD lingkup Pemkab Banjar sebagai pengguna sehingga bisa selalu saling terhubung untuk kepentingan kedinasan.
 
Basith menuturkan risiko insiden keamanan informasi seperti penyebaran virus komputer antar instansi sampai serangan "hacker" yang masuk melalui salah satu instansi mungkin terjadi pada JIP.
 
"Oleh karena itu, sosialisasi perlu dilakukan sehingga kami sebagai pengelola dan SKPD selaku pengguna JIP bisa saling terhubung untuk mengamankan instansi dari berbagai ancaman," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Banjar tambah "CCTV" usai sukses dukung Haul Guru Sekumpul
 
Perwakilan Diskominfo Provinsi Kalsel Abdul Hafizh menjelaskan manfaat penerapan JIP untuk meningkatkan keamanan aktivitas pertukaran data antar instansi karena setiap simpul jaringan saling terhubung dan dapat dipantau karena tipologi jaringan dapat disesuaikan dengan kondisi pemerintah daerah.
 
Selain itu, meningkatkan kecepatan akses dan efisiensi anggaran belanja internet karena sistem "bandwidth" dapat diterapkan sistem "one bandwidth" serta digunakan untuk pengembangan inovasi teknologi pertukaran data karena potensi yang dimiliki jaringan internal sangat beragam.
 
"Kami berharap, instansi lingkup Pemkab Banjar yang mengikuti sosialisasi agar memaksimalkan pemanfaatan JIP, juga menaati ketentuan-ketentuannya dan berpartisipasi dalam menjaga keberlangsungan," kata dia.

Baca juga: Pemkab Banjar pasang 46 CCTV dukung kelancaran Haul Guru Sekumpul

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024