Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan menambah pemasangan kamera pemantau  atau "Closed Circuit Television" (CCTV) usai sukses mendukung pelaksanaan Haul ke-19 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul Martapura.
 
Kepala DKISP Banjar Muhammad Aidil Basith mengatakan penambahan CCTV itu agar jamaah yang tidak bisa datang ke lokasi tetap bisa mengikuti kegiatan haul dari jauh.

Baca juga: Pemkab Banjar pasang 46 CCTV dukung kelancaran Haul Guru Sekumpul
 
"Alhamdulillah, Haul Guru Sekumpul berlangsung sukses dan lancar serta menyedot jutaan jamaah yang hadir di lokasi maupun yang menyaksikan melalui media sosial yang terafiliasi dengan Pemkab Banjar," ujar Basith.
 
Menurut Basith, pihaknya sudah rapat evaluasi bersama jajaran DKISP Banjar dengan hasil memuaskan dan mencapai target melalui fasilitas Channel CCTV dan YouTube Suara Banjar Media dengan menyebar 46 unit CCTV.
 
Basith menekankan fasilitas yang berbasis teknologi informasi tersebut sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan yang disediakan Pemkab Banjar demi kesuksesan haul ulama kharismatik Kalsel itu.
 
Diketahui, data pengunjung yang memantau CCTV secara "rellay" mencapai 242.177 orang dan 260.311 pengunjung YouTube resmi Pemkab Banjar, serta 644.907 pengunjung channel YouTube Ar Raudhah TV.

Baca juga: Bupati Banjar tinjau Perempatan Sekumpul yang dipenuhi ribuan jamaah
 
"Melihat banyaknya masyarakat yang memantau CCTV dan pengunjung YouTube, telah sesuai target yang diharapkan dan direncanakan haul tahun depan pelayanan dan fasilitas siap ditingkatkan," ucapnya.
 
Dikatakan Basith, Pemkab Banjar berupaya meningkatkan pelayanan dan juga fasilitas pendukung yang berbasis teknologi informasi sehingga semakin memudahkan jamaah memantau serta mendukung kelancaran haul.
 
"Kami siap memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah maupun relawan demi kesuksesan dan kelancaran haul apalagi keberadaan fasilitas membantu kepolisian dan instansi lain mengatur lalu lintas," tuturnya.
 
Basith menyebutkan Pemkab Banjar pun siap memasang empat unit CCTV di kawasan Kampung Melayu, Dalam Pagar dan Kalampayan guna mendukung Haul Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datuk Kelampaian), Guru Kasyful Anwar dan Guru Anang Sya’rani Arif.

Baca juga: Pemkab Banjar rakor persiapan haul Abah Guru Sekumpul

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024