Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 1007/Banjarmasin membangun fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK) bagi masyarakat di Kelurahan Sungai Lulut, Banjarmasin Timur.

“Fasilitas MCK ini dibangun agar kualitas kesehatan masyarakat lebih baik lagi, TNI dan masyarakat bergotong royong,” kata Komandan Satgas TMMD ke-119 Kodim 1007/Banjarmasin Kolonel Inf Arman Aris Sallo di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin anggarkan Rp1,19 miliar untuk TMMD

Ia berharap dengan dibangunnya MCK, kualitas lingkungan di daerah tersebut semakin meningkat untuk mendukung aktivitas sehari-hari masyarakat. 

“Program TMMD merupakan salah satu upaya TNI untuk mewujudkan pembangunan yang merata demi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Menurut Arman yang juga menjabat sebagai Dandim 1007/Banjarmasin, pembangunan infrastruktur tidak hanya sekedar formalitas pembangunan fisik saja, tetapi juga sebagai upaya mendorong kualitas sumber daya manusia (SDM) lebih berkualitas.

Dandim 1007/Banjarmasin berharap sinergi TNI dan masyarakat terus terjalin dengan baik sehingga dapat memberikan dampak positif nyata bagi pembangunan bangsa mulai dari tingkat desa/kelurahan.

Baca juga: Satgas TMMD Kodim Banjarmasin beri wawasan kebangsaan bagi pelajar

Selama pelaksanaan program TMMD yang di pusatkan di Kelurahan Sungai Lulut itu, kata dia, masyarakat sangat antusias membantu TNI membangun berbagai infrastruktur yang sudah diprogramkan.

Selain itu, pihaknya juga membangun enam buah jembatan yang akan digunakan masyarakat sebagai akses untuk menunjang kegiatan pertanian dan aktivitas lainnya.

“Program TMMD tidak hanya pembangunan fisik saja, tetapi juga membangun sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi pencegahan stunting, narkoba, wawasan kebangsaan, dan masih banyak lagi,” ujar Dandim.

Baca juga: Bhabinkamtibmas ikut serta dalam Satgas TMMD Kodim Banjarmasin

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024