Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur menekankan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 yang akan menjalani serangkaian tahapan seleksi untuk menyiapkan mental dan fisik.

"Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan selama seleksi," ujar Saidi saat membuka seleksi yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banjar di Aula Sakura Kantor BKPSDM Martapura, Sabtu.

Baca juga: 27 anggota Paskibraka di Banjar dikukuhkan

Saidi sangat mengapresiasi jumlah peserta seleksi calon Paskibraka 2024 mencapai 202 orang yang menunjukkan bukti semakin tumbuh rasa cinta kepada Tanah Air dan bangsa.
 
Ditekankan Saidi, rasa bangga juga dirasakan karena seleksi diikuti ratusan peserta putra dan putri yang berpotensi menjadi bagian dari Paskibraka pada upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024.
 
"Kami berharap siapa pun yang terpilih, terus menjaga kedisiplinan, memiliki rasa nasionalisme tinggi, wawasan, keterampilan dan terus bekerja keras. Tim seleksi juga harus menilai obyektif," tutur Saidi.
 
Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan, Ekososbud dan Agama Badan Kesbangpol Banjar Joko Sutrisno mengatakan seleksi diikuti ratusan siswa dan siswi SMA sederajat.

Baca juga: Wabup Banjar minta calon Paskibraka jalankan tugas dengan sempurna
 
"Seleksi dilakukan transparan melalui aplikasi transparansi yang dikelola Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) secara online dengan sistem gugur sesuai nilai batas yang ditentukan," ujarnya.
 
Dikatakan Joko, seleksi secara daring diawali tentang Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dengan sistem gugur sesuai nilai batas dilanjutkan tes intelejensi umum, kesehatan dan parade hingga ditetapkan 50 orang.
 
"Selain sebagai anggota Paskibraka juga sebagai Duta Pancasila untuk menyampaikan keutamaan tentang Pancasila sebagai ideologi negara dan mereka menjadi teladan di sekolah masing-masing," ucap Joko.

Baca juga: Bupati Saidi kukuhkan 27 Paskibraka

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024