Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mulai menyeleksi ratusan pelajar dari tingkat SMA sederajat untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada HUT ke-79 Kemerdekaan RI 2024.
 
Disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin H Lukman Fadlun di Banjarmasin, Kamis, sebanyak 297 siswa dan siswi mendaftar seleksi Paskibraka 2024.

Baca juga: Kasdim motivasi Paskibraka 17 Agustus
 
"Dengan rincian sebanyak 168 putra dan 129 putri dari berbagai SMA, SMK dan MA di Kota Banjarmasin," ujarnya.
 
Menurut dia, rangkaian kegiatan seleksi Paskibraka Kota Banjarmasin dimulai sejak 29 Februari hingga 5 Maret 2024.
 
"Mereka akan melewati beberapa tahapan sistem gugur, hingga tinggal 30 orang, yakni sebanyak 15 putra dan 15 putri yang terpilih," ucap Lukman.
 
Lukman berharap semua peserta dapat menjalankan tes seleksi dengan serius karena tiap peserta memiliki kesempatan yang sama untuk lolos.
 
"Di sini kita tidak membeda bedakan entah itu dari SMA, SMK, Madrasah, ataupun sekolah swasta boleh mengikuti seleksi ini, jadi harapan kami yaitu peserta dapat memberikan yang terbaik agar nanti terpilih menjadi Paskibraka yang mengibarkan Bendera di Kantor Pemkot Banjarmasin pada tanggal 17 Agustus 2024," ujarnya.

Baca juga: Dua pelajar Kalsel terpilih jadi calon Paskibraka Nasional 2023
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman menuturkan kegiatan ini sebagai bagian dari persiapan peringatan Proklamasi di Kota Banjarmasin.
 
"Kegiatan ini bertujuan untuk menyaring potensi murid SMA/SMK/MA negeri dan swasta sederajat Se-kota Banjarmasin, khususnya dalam hal keterampilan baris berbaris," ucapnya.
 
Selanjutnya, Paskibraka tingkat Kota Banjarmasin tersebut akan ikut serta selesai pada tingkat Provinsi Kalimantan Selatan hingga Nasional.
 
Dia juga mengingatkan para peserta untuk menyiapkan mental, fisik dan kesehatan selama seleksi berlangsung.
 
"Kami juga berpesan Kesbangpol Kota Banjarmasin beserta tim seleksi agar dapat betul-betul selektif dan adil dalam penyeleksian calon Paskibraka," ungkap Ikhsan.

Baca juga: Kesbangpol Kotabaru seleksi penerimaan Paskibraka

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024