Kesatuan Suku Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotabaru Kalimantan Selatan Seleksi penerimaan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Kotabaru di Paris Barantai.

“Sebanyak 168 siswa siswi yang mendaftar hanya 39 orang yang akan bisa masuk jadi anggota Paskibra Duta Wisata 2023,” kata Kepala Kesbangpol Kotabaru, Melinda Ratna Agustina di Kotabaru, Senin.

Baca juga: Bupati Kotabaru kukuhkan anggota Paskibraka

Menurut Melinda, seleksi penerimaan melibatkan siswa siswi se-Kabupaten Kotabaru yang tersebar pada 22 kecamatan yang pendaftarannya dibuka sejak 1-12 Februari dan seleksi selama tiga hari pada 13-15 Februari.

"Ada beberapa tahapan untuk dilalui yakni, tes administrasi, kesehatan, kemampuan fisik dan wawancara, psikotes dan penentuan akhir," ujar Melinda.

Tahapan perekrutan calon Paskibra 2023 dilakukan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dibentuk Presiden Republik Indonesia.

Melinda menambahkan persyaratan melalui aplikasi Transparansi Paskibraka terutama persyaratan mutlak, yaitu tinggi badan dan faktor kesehatan lainnya.

Baca juga: Paskibraka Kotabaru obliged to khatam Qur'an during training

"Bekali anak anak kita tentang pengetahuan, pendidikan serta prilaku dan pola hidup sehat," ujarnya

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kotabaru, Minggu Basuki yang mewakili Bupati Kotabaru menyebut kegiatan ini mampu menanamkan jiwa Pancasila dan meningkatkan mental serta disiplin generasi muda.

Minggu mengungkapkan untuk menjadi anggota Paskibraka tidak mudah dan tidak semua orang memiliki peluang sebab harus siap secara fisik dan mental.

“Saya berharap, peserta yang mengikuti seleksi nanti benar benar menampilkan jiwa patriot dan memiliki jiwa nasionalisme, wawasan keterampilan serta bekerja keras,” pungkas Basuki.

Baca juga: Paskibraka Kotabaru wajib khatam Qur'an selama pelatihan

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023