Manajemen PT Tri Buana Mas (TBM) menggelar apel peringatan Bulan Kesehatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, dilaksanakan di lingkungan perusahaan yang bergerak perkebunan sawit tersebut.

Administratur PT TBM Dwi Hartono, di Candi Laras Utara, mengatakan apel ini menjadi rangkaian memperingati Bulan K3 yang diselenggarakan 12 Januari 2024-31 Maret 2024.

"Sesuai yang ditetapkan pemerintah tema peringatan mengangkat tema "Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, dalam kontek global Bulan K3 Nasional menjadi bagian dari kehidupan kita," katanya, dalam sambutan, Kamis.
 
Apel peringatan Bulan Kesehatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional PT Tri Buana Mas, Candi Laras Utara,
Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (29/2/2024). (Antara/HO-Humas PT Tri Buana Mas)

Baca juga: PT Tri Buana Mas dukung perbaikan Jalan Balukung

Dijelaskan Dwi, kegiatan ini juga merupakan upaya mendukung transisi dari pandemi menuju endemi di semua sektor usaha, serta upaya mendukung perubahan perilaku berisiko menjadi perilaku selamat dalam keseharian.

Di internal Astra Agro Lestari (AAL) tema tersebut diturunkan menjadi sub tema Bulan K3 nasional tahun ini, yakni "Menguatkan Budaya LK3 berbasis prilaku selamat dan sehat pada setiap pekerja".

Dari sub tema tersebut, manajemen mengharapkan intervensi pimpinan dari masing-masing bagian dapat berperan aktif untuk menciptakan dan membangun Budaya K3 di tempat kerja.

"Kita ingin aspek K3 tertanam di dalam diri kita dan masing-masing anggota serta lingkungan terkecil di keluarga, menjadi kebiasaan dan kebutuhan untuk menerapkan Budaya K3 di lingkungan masing-masing," ungkapnya.

Kemudian, menurut Dwi yang harus di capai untuk K3 pada tahun 2024 yaitu "Zero Fatal Accident dan Zero High Injury atau kecelakaan berat", ini menjadi target besar untuk dicapai bersama-sama.

Pihaknya berharap untuk semua aktifitas LK3 Leader betul-betul dijalankan dengan sepenuh hati, dan menjadi kebutuhan sehingga mengakar dan menjadi budaya dalam proses kehidupan, baik bekerja maupun di rumah.

Baca juga: PT SAM santuni anak yatim piatu di wilayah perkebunan
 
Penandatanganan deklarasi komitmen Bulan Kesehatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional PT TBM, Candi Laras
Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (29/2/2024). (Antara/HO-Humas PT Tri Buana Mas)

Baca juga: PT Tri Buana Mas gelar program training Komite Bisa sekolah binaan

"Pastikan bekerja dengan selamat, pastikan peralatan kerja kita aman, pastikan lingkungan kerja aman dan pastikan orang di sekitar kita juga selamat," terangnya.

Selain itu, Dwi juga mengingatkan agar ikrar budaya keselamatan yang sering diucapkan setiap hari harus menjadi role model, dalam melakukan aktifitas rutin yang dilakukan masing-masing.

Dalam peringatan Bulan K3 Nasional di PT TBM ini juga dilaksanakan penandatanganan deklarasi komitmen Bulan K3 Nasional oleh administratur dan jajaran manajemen perusahaan.
 
Foto bersama dalam rangkaian apel peringatan Bulan Kesehatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional PT TBM,
Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (29/2/2024). (Antara/HO-Humas PT Tri Buana Mas)

 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024