Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapat kunjungan dari tiga kabupaten untuk melakukan kaji tiru implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda HSS) HSS M. Arliyan Syahrial, di Kandangan, mengatakan tiga kabupaten yang melakukan studi tiru di HSS, antara lain Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau, Pemkab Barito Kuala dan Pemkab Tapin.

"Kepemimpinan yang efektif dan dedikasi dalam memberikan pelayanan yang. optimal telah menjadikan Pemkab HSS sebagai teladan dalam hal penerapan SAKIP," ujarnya dalam keterangan, mengutip pers release Diskominfo HSS, Kamis.

Baca juga: Pemkab gandeng Kodim 1003 HSS bimtek wawasan kebangsaan

Dijelaskan dia, penerapan SAKIP menjadi fokus utama Pemkab HSS dalam meningkatkan kualitas layanan, langkah-langkah yang diambil Pemkab HSS telah membuahkan hasil yang signifikan.

Saat ini Pemkab HSS menjadi yang terbaik di Provinsi Kalsel, yang terbukti dengan prestasi meraih penghargaan predikat A dalam SAKIP.

"Kesuksesan Pemkab HSS dalam meraih prestasi tersebut menjadi bukti nyata akan dedikasi dan kerja keras Pemkab HSS, dalam meningkatkan kualitas pelayanan," terangnya.

Baca juga: Sekda HSS: Partisipasi pemilih pada Pemilu naik jadi 81 persen

Adapun keberhasilan Pemkab HSS dalam menjadi tujuan kaji tiru implementasi SAKIP, menunjukkan komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kualitas pelayanan.

Diharapkan dia, keberhasilan Pemkab HSS dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah lainnya, dalam mengimplementasikan SAKIP secara efektif dan berkelanjutan.

"Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah masing-masing," ujarnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024