Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Kodim 1003 HSS menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemantapan wawasan kebangsaan dan pembinaan desa sadar hukum.

"Pemantapan wawasan kebangsaan sangat penting dalam memahami dan menyegarkan kembali pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa," kata Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah dalam sambutan membuka kegiatan, mengutip pers release Diskominfo HSS, di Banjarmasin, Selasa.

Ia juga menekankan bahwa kesadaran hukum, karena dengan adanya kesadaran hukum merupakan kunci dalam membangun masyarakat yang sadar dan taat hukum.

Baca juga: KPU HSS musnahkan ratusan surat suara rusak Pemilu 2024

Kerjasama antara Pemkab HSS  dan Kodim 1003 HSS dinilai sangat berharga, dalam penyelenggaraan kegiatan ini, dan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1003 HSS atas dukungannya dalam pelaksanaannya.

Sementara itu, Dandim 1003 HSS Letkol Inf Bayu Oktavianto Subdibyo, menekankan bahwa bimtek ini tidak hanya bertujuan untuk memantapkan wawasan kebangsaan dan pembinaan desa sadar hukum, tetapi juga mencegah radikalisme, terorisme, dan tindak pidana korupsi di tingkat desa.

"Bimtek juga sangat baik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita, dalam mengelola desa dengan baik dan benar," terangnya.

Baca juga: Pemkab HSS kembali salurkan program PRS dan beras sejahtera daerah

Oleh karena itu, menurut dia kehadiran para kepala desa dalam kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pemerintahan desa, serta memperkuat pondasi kebangsaan dan kesadaran hukum di masyarakat.

Kerjasama antara Pemkab HSS dan Kodim 1003 HSS dalam kegiatan ini menjadi contoh nyata sinergi antara pemerintah daerah dan kekuatan TNI.

Membangun bersama kesadaran kebangsaan dan hukum yang kuat di masyarakat, serta diharapkan semangat kebersamaan yang terjalin dapat terus ditanamkan dan memperkuat jalinan harmoni di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024