Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan indeks kerukunan umat beragama di provinsi setempat meningkat menjadi 73,53 pada 2023 dibanding 2022 mencapai 69,68.
 
Tambrin di Banjarmasin, Rabu, menyebutkan indeks kerukunan umat beragama di Kalsel pada 2021 sebesar 65,66.

Baca juga: Kemenag Kalsel siap jalankan program ngaji kebangsaan
 
"Kita optimis pada 2024 ini kerukunan umat beragama di provinsi kita makin baik," ujarnya.
 
Tambrin menyebutkan kenaikan indeks kerukunan umat beragama ini tidak lepas peranan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Selatan.
 
"Ini juga menurun ke FKUB kabupaten/kota," ucap Tambrin.
 
Tentunya, kata Tambrin, sinergi antara pemerintah melalui Kementerian Agama, FKUB berkoordinasi dengan seluruh jajaran masyarakat baik umat Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha.
 
"Terima kasih kepada FKUB yang turut mengawal indeks kerukunan di Kalsel," tutur Tambrin.
 
Dia pun menyebutkan Kanwil Kemenag Kalsel sudah melakukan rapat koordinasi kerukunan umat beragama dengan FKUB untuk memperkuat sinergi pada 2024.

Baca juga: 3.749 calon jamaah di Kalsel lunasi biaya perjalanan ibadah haji
 
Tambrin menambahkan situasi kondusif kerukunan umat beragama di Kalsel terbukti dari pelaksanaan Pemilu 2024 yang berlangsung aman dan damai. 
 
"Ini juga karena peran FKUB provinsi dan kabupaten/kota," kata Tambrin.
 
Dia menyampaikan Kanwil Kemenag Kalsel menggelar rapat koordinasi kerukunan umat beragama secara rutin setiap awal tahun dan kerja sama antara Kanwil Kemenag Kalsel dengan FKUB Provinsi Kalsel.
 
Kegiatan menghadirkan para pengurus FKUB Provinsi Kalsel, pengurus FKUB Kabupaten/ Kota se-Kalsel serta Kepala Sub. Bagian Tata Usaha pada Kantor Kemenag Kabupaten/ Kota se-Kalsel dalam rangka sinergi pelaksanaan program 2024.
 
Kegiatan akan mengagendakan terkait indeks Kerukunan Umat Beragama dan outlook Kementerian Agama 2024, penyampaian juknis bantuan FKUB 2024, sinergitas dan sinkronisasi program kementerian agama dan FKUB, penyusunan program FKUB serta paparan dari perwakilan FKUB.

Baca juga: 125 petugas haji Embarkasi Banjarmasin Kalsel dapat bimbingan

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024