Dinas Perhubungan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menggencarkan program “Balangan Terang” untuk memberikan jalan yang layak dan terang kepada masyarakat.

“Program ini merupakan salah satu visi-misi dari kepala daerah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, yaitu memberikan penerangan yang layak dan nyaman kepada warga,” kata Kepala Dinas Perhubungan Balangan Musa Abdullah di Paringin, Kabupaten Balangan, Senin.

Baca juga: Polres Balangan bagikan paket sembako bagi petugas Pemilu tertua dan termuda

Musa mengungkapkan dalam hal program penerangan jalan untuk masyarakat ini, pihaknya lah yang menjadi leading sektor dalam pelaksanaan tersebut.

Menurut Musa program Balangan Terang tersebut sudah mulai direalisasikan pihaknya sejak 2023 lalu.

Sementara itu Kepala Bidang LLAJ Dishub Balangan Rahmadi menuturkan bahwa program Balangan Terang ini adalah berupa pemasangan lampu penerangan jalan jenis LED 60 watt tenaga PLN.

Rahmadi melanjutkan pada 2023 lalu sudah beberapa jalur yang dipasangi lampu penerangan ini yaitu mulai Desa Hamparaya (perbatasan dengan Kabupaten HST) sampai ke Kota Balangan, kemudian mulai Kota Balangan sampai ke Kecamatan Halong.

Baca juga: Polres Balangan sabet tiga penghargaan dari KPPN Tanjung

Kemudian untuk tahun 2024 jalur yang akan direalisasikan pemasangan lampu ini adalah mulai Kota Balangan sampai ke perbatasan Kabupaten HSU Desa Teluk Karya.

Lalu mulai Kota Balangan ke Kecamatan Awayan dan Tebing Tinggi, serta mulai Mantimin Kecamatan Batumandi sampai ke Tugu Gula Habang Kecamatan Lampihong.

Rahmadi menambahkan, hadirnya program Balangan Terang ini adalah bertujuan untuk memberikan pelayanan publik khusus penerangan jalan umum.

“Selain itu untuk memperlihatkan dan memperindah wajah Kota Balangan pada malam hari, serta menunjang sarana prasarana penerangan dalam rangka menyongsong Kabupaten Balangan sebagai penyangka Ibu Kota Negara (IKN),” tuturnya.

Baca juga: Dishub Balangan: Razia "ODOL" untuk tekan kecelakaan di jalan

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024