Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat provinsi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Mei 2024.

"Jadi, POPDA Kalsel kembali digelar pada Mei 2024. Tuan rumahnya Kabupaten HSS dan tanggal pelaksanaan masih akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kalsel," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel Herus Susmianto di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Atlet HSS raih dua medali di hari pertama Popda Kalsel

Menurut dia, Pemprov Kalsel menetapkan penyelenggaraan POPDA tingkat provinsi di Kabupaten HSS, karena siap menyelenggarakan.

Pertimbangan lainnya, ungkap dia, karena Kabupaten HSS memiliki sarana dan prasarana yang mendukung.

"Kabupaten HSS juga sempat menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Kalsel pada tahun 2022, sehingga arena pertandingan cukup memadai," ujar Herus.

Apalagi, lanjutnya, pada POPDA ini hanya delapan cabang olahraga yang dipertandingkan, sehingga arena pertandingan mencukupi.

Baca juga: Cabor panahan sumbang emas pada Popda 2023

Cabang olahraga dan venue POPDA tersebut, yakni bola basket di lapangan basket Amandit Utama, bola voli di Lapangan Voli Indoor di Stadion Ganda, bulutangkis di Gedung Olahraga Seni.

Selanjutnya, cabang olahraga sepakbola di Stadion 2 Desember, sepak takraw di Gedung Sepak Takraw Bamban, tenis lapangan di Lapangan Tenis Tumpang Talu, tinju di lapangan Tenis Antaludin, dan pencak silat di Gedung Bela Diri di Stadion Ganda.

Sedangkan untuk pelaksanaan berikutnya, masing-masing kabupaten dan kota diberi kesempatan untuk mencalonkan diri sebagai pelaksanaan POPDA berikutnya.

POPDA ta ingin ada pemerataan merasakan menjadi tuan rumah Popda. Dengan demikian, kabupaten dan kota akan berbenah dengan melengkapi venue pertandingan," katanya.

Baca juga: Wabup HST: Popda Kalsel jadi sarana pencitraan positif sekolah dan daerah

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024