Penjabat Bupati Tapin Provinsi Kalimantan Selatan Syarifuddin mengatakan acara Ruai Rindu Meratus yang masuk dalam 110 Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 bakal melibatkan masyarakat Dayak sebagai panitia hingga penampil seni budaya.

"Karisma Event Nusantara ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi kreatif hingga ruang ekspresi seni budaya masyarakat Dayak setempat," ungkapnya di Rantau, Senin.

Baca juga: Dinas Pariwisata: Dua wisata Kalsel masuk Kharisma Event Nusantara 2024

Syarifuddin mengatakan Ruai Rindu Meratus yang digagas anak muda Kabupaten Tapin ini berpotensi mendongkrak sektor pariwisata di Bendungan Tapin yang merupakan proyek strategis nasional era Presiden Joko Widodo.

"Kekayaan alam dan budaya Dayak di sekitar sini (Bendungan Tapin) harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat dan lainnya," ujarnya.

Disebutkan Syarifuddin pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III juga sudah memberikan ruang  ekspresi seperti panggung teater hingga lahan untuk pagelaran acara lainnya di kawasan Bendungan Tapin.

Selebihnya, Syarifuddin mengajak seluruh masyarakat untuk hadir pada acara Ruai Rindu Meratus pada Oktober 2024 nanti.

Baca juga: Pj Bupati Tapin: Ruai Rindu Meratus KEN 2024 dongkrak pariwisata

Sementara itu, Kapten Ruai Rindu Meratus Hendra Gunawan mengatakan acara ini nantinya bakal kental menyuguhkan kekayaan seni budaya masyarakat Dayak setempat.

"Selain acara camping, sumpah pemuda bakal kita kuatkan lagi pertunjukan yang menggambarkan keunikan seni budaya masyarakat Dayak Tapin yang tak bakal dijumpai di tempat lain," ujarnya.

Hendra menyebutkan wisata edukasi lainnya, yakni pengenalan tentang Geopark Meratus yang saat ini diperjuangkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk menjadi Geopark Dunia.

Baca juga: Ruai Rindu Meratus Tapin masuk KEN 2024

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024