Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menetapkan 34 siswa terpilih dalam seleksi seleksi menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2024.

"Kita telah melaksanakan proses seleksi selama tiga hari lalu, yakni dari tanggal 21 - 23 Februari 2024," kata Kepada Bidang (Kabid) Kesatuan Bangsa Kesbangpol HSS Faisal  di Kandangan, Senin.

Dijelaskan Faisal, awalnya seleksi diikuti sebanyak 131 siswa-siswi calon anggota Paskibraka, kemudian terpilih diantaranya 34 siswa.

Baca juga: Operasi Lilin Intan, Polres HSS siagakan ratusan personel dan pos

Untuk seleksi di hari ketiga yang dilaksanakan di Pendopo Bupati HSS, berupa tes Pancasila dan wawasan kebangsaan, serta intelegensi umum yang dilaksanakan secara online melalui link BPIP.

Di tahun ini seleksi anggota Paskibraka pertama kali dilakukan oleh Kesbangpol yang sebelumnya dilakukan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS.

Pendaftaran pun telah dilaksanakan dari tanggal 1-10 Februari 2024, yang diikuti 17 Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dengan total 131 siswa.

Baca juga: Pj Bupati HSS harap Raker KONI jembatani pengurus organisasi dan atlet

Dari 131 orang peserta seleksi, nantinya dipilih 34 orang saja, yaitu 17 putra dan 17 putri, empat orang dikirim untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Kalsel.

"Tahun ini ada perbedaan syarat mengikuti seleksi Paskibraka, sebelumnya kelas 10 dan 11 boleh mengikuti seleksi, sekarang dari pusat tahun ini hanya kelas 10 yang diperbolehkan mengikuti seleksi," ujarnya.

Selain itu, ditambahkan dia tahun ini pihaknya beserta tim seleksi mempunyai komitmen, di setiap sekolah ada perwakilan untuk masuk di Paskibraka.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024