Melancong ke Batu, Malang, Jawa Timur, jangan lupa mampir ke Batu Secret Zoo.

Di situ pengunjung bisa melihat berbagai macam polah atau tingkah laku ratusan jenis hewan baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.

Penataan yang apik serta kebersihan yang selalu terjaga membuat pengunjung akan terasa betah berlama-lama berada di kebun binatang terkemuka di Jawa Timur itu.

Batu Secret Zoo yang ditata dengan pola modern berada di tanah seluas 14 hektare tersebut adalah bagian dari Jatim Park 2, selain Pohon Inn dan Museum Satwa.

Kebun binatang itu memiliki beberapa koleksi hewan dari beberapa habitat yang berbeda, namun sebagian besar berasal dari Asia dan Afrika. Binatang-binatang itu di antaranya adalah singa putih, kijang afrika, burung macau hingga berbagai reptil.  
    
Selain itu pengunjung juga dapat menikmati permainan giant wheel, log flume, kidz zone, dan river adventure sebagai fasilitas pelengkap untuk bermain..

Batu Secret Zoo buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 WIB dengan harga tiket sebesar Rp55.000 per orang untuk Senin-Kamis, dan Rp65.000 per orang untuk Jumat-Minggu.

Pengunjung juga dapat membeli tiket terusan untuk mengunjungi Museum Satwa dan Batu Secret Zoo sebesar Rp60.000 per orang untuk Senin-Kamis atau Rp75.000 untuk Jumat-Minggu.

Pengelola kebun binatang mengeluarkan ketentuan, yaitu tinggi badan 85 sentimeter ke atas dikenakan biaya penuh, gelang yang berfungsi sebagai tiket dan akan diberikan usai membeli karcis  dibawa sendiri serta hanya boleh dipasang oleh petugas di pintu masuk.

Peraturan lain gelang tiket yang rusak atau lepas dinyatakan tidak berlaku untuk masuk ke Batu Secret Zoo, dilarang membawa makanan, dilarang merokok, dilarang membawa hewan peliharaan, serta dilarang membawa senjata api atau tajam.

Saat masuk ke kebun binatang itu, pengunjung akan disuguhi oleh tikus air raksasa nutria (Myocastor coypus) berwarna hitam yang beratnya bisa mencapai 10 kilogram, sementara tikus biasa hanya mencapai 0,5 kilogram.

Tikus yang berasal dari Amerika Selatan tersebut dibiarkan bermain air dan berteduh di suatu kandang yang dihiasi dengan batu-batuan sebagai tempat berlindung.

Salah satu keunikan kebun binatang itu adalah menampilkan berbagai macam koleksi hewan yang dibentuk sesuai dengan habitatnya. Di sini terdapat reptile garden, flying lemur, akuarium, dan rumah bagi hewan-hewan.

Untuk mengetahui nama hewan serta asal usulnya, pengelola membuat seluruh kandang hewan ini dengan tema, agar menarik perhatian para pengunjung.

Pengunjung juga akan digiring ke sejumlah jalan dan lorong, sehingga bisa menyaksikan keindahan fauna dengan lengkap dan informatif bisa menambah pengetahuan bagi yang menyaksikan dan membacanya.

Di situ pengunjung juga akan menemukan kawasan savannah merupakan sebuah terowongan berdinding kaca, sehingga dapat menyaksikan ekosistem dari hewan-hewan Afrika, seperti giant sable antelope, scimitar-horned oryx, dan zebra.

Pengunjung juga dapat mencari informasi dari layar sentuh yang sudah dipasang di terowongan.

Ada juga Kampung Afrika dan gajah yang dapat menyaksikan hewan kecil, antara lain mirkat, marmut, serta kelinci.

Terdapat pula restoran mini yang dibuka untuk beristirahat, dan petugas yang menjaga di kandang gajah.  
    
Pengunjung bisa menemukan kawasan elang berupa rumah bagi elang yang diadopsi (dibeli) oleh pihak kebun binatang. Pengunjung yang masuk ke rumah elang ini akan dapat menyaksikan kehidupan elang, berbagai spesiesnya dan status konservasinya.  

 Memberi makanan
    
Selain itu, pengunjung juga bisa datang ke kolam buaya dan kuda nil untuk menyaksikan kehidupan kuda nil, habitat, makanan, dan cara bergeraknya.

Pada jam tertentu, kuda nil akan diberi makan roti, sayur, dan buah-buahan, dan pengunjung juga dapat ikut memberi makan kuda nil ini.

Pengunjung juga dapat melihat buaya dari atas jembatan yang sudah dibuat, dan menyaksikan aktivitas buaya di sini.

Ada juga Zona Tiger Land sehingga pengunjung yang mencintai harimau bisa melihat berbagai macam binatang buas besar ini. Di sini, kandang harimau-harimau dibuat dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan sehingga pengunjung tak perlu takut.  
    
Salah satu lokasi menarik adalah lokasi Mancing Harimau adalah tempat para pengunjung untuk memberi makan harimau, sambil berdiri di atas kaca acrylic.

Pengunjung yang ingin mengikuti mancing harimau diharuskan membayar Rp10.000. Pengunjung akan memancing harimau dengan daging segar, dan menyaksikan tingkah laku harimau yang ingin memangsa daging tersebut.

Salah satu wahana yang unik untuk disaksikan adalah replika kapal Nabi Nuh dengan menampilkan sejumlah ternak seperti jerapah, gajah, kuda nil, dan unta yang berada di dalam kapal
    
Bosan dengan menyaksikan binatang dan ingin memanjakan anak-anak yang masih kecil, di Batu Secret Zoo juga ada Fantasy Land berupa area permainan yang cukup luas yang membuat anak-anak dapat bermain gembira di sana. Pengunjung yang lelah dapat beristirahat di kafetaria yang ada di sebelah Fantasy Land ini.

Terdapat kolam renang anak yang diberi ember raksasa, dan juga air mancur.

Bagi pengunjung yang ingin memberi makan hewan, dapat mengikuti kereta Safari Farm yang terdapat di sebelah Gorilla Raksasa.    
    
Pengunjung yang senang berfoto juga dapat menaiki patung gorila di sebelah Safari Farm dan River Adventure.

Wahana lain yang cukup mengasyikan sekaligus menegangkan adalah Giant Wheel, yaitu kincir raksasa terbesar kedua di Indonesia, setelah yang terdapat di Jakarta. Pengunjung akan merasa kagum dan tegang apabila menaiki wahana ini.

Pengunjung dapat melihat seluruh Kota Batu dan kebun binatang dari atas, dengan diiringi musik yang dipasang.

Di bawah lingkaran, terdapat kaca agar dapat melihat bawah, membuat ketegangan yang naik kincir raksasa itu.

Kunjungan ke Batu Secret Zoo menjadi wisata yang menghibur, menyenangkan dan mengasyikkan, sekaligus memberi pengetahuan bagi kita semua yang berkesempatan datang ke sini./f

Pewarta: Ahmad Wijaya

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016