Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol. Winarto mengatakan situasi keamanan di daerah itu aman terkendali pascapencoblosan Pemilu 2024 yang berlangsung tertib dan lancar tanpa kendala berarti.

"Alhamdulilhah sampai petang ini laporan dari seluruh kepala satuan wilayah situasi kondusif," kata dia di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Kapolda Kalsel perintahkan personel siaga penuh amankan TPS

Pada Rabu siang, Winarto menyebut tahapan pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) tidak ada insiden menonjol yang berdampak terhadap gangguan keamanan.

Dia mengaku bersyukur terhadap kondisi tersebut dan berharap dapat terus terjaga hingga nantinya seluruh tahapan pemilu selesai.

Kapolda Kalsel juga mengingatkan seluruh anggota tetap siaga mengawal pengamanan tahapan setelah pencoblosan, yakni KPU merekapitulasi suara secara berjenjang.

Baca juga: Kapolda Kalsel minta ulama edukasi umat untuk pemilu damai

Menurut dia, rasa aman bagi seluruh petugas KPU sangat penting diwujudkan agar kerja-kerja komisioner dan para stafnya bisa berjalan lancar.

"Terima kasih atas dedikasi dan kerja ikhlas seluruh anggota bersama unsur lainnya yang telah membantu Polri dalam mengamankan pemilu," ucapnya.

Diketahui, Polda Kalsel mengerahkan dua pertiga kekuatan atau sekitar 6.177 personel untuk siaga pengamanan Pemilu 2024 tersebar pada 13.584 TPS di dua kota dan 11 kabupaten terdiri dari 156 kecamatan dan 2.016 kelurahan atau desa.

Baca juga: Ribuan polisi amankan haul Guru Sekumpul hingga Kapolda pimpin deklarasi pemilu

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024