Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Winarto didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Lynda Winarto melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel, di  Mapolres HSS.

"Kami sangat mengapresiasi kedatangan Kapolda Kalsel ke Kabupaten HSS, di Bumi Antaluddin sebagai kota perjuangan," kata Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah dalam sambutan, di Kandangan, Senin.

Dalam kunker kapolda meresmikan dua prasarana di Polres HSS berupa gedung Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Prototype,  Aula Rupatama Legawa Manggala Parsada dan launching aplikasi Link Gasan Mangganii pian (Limapi) Polres HSS

Dijelaskan Hermansyah, Latar belakang Kabupaten HSS yang merupakan tanah perjuangan, di mana banyak melahirkan pejuang-pejuang di Kalsel yang pemberani.

Baca juga: Polres HSS raih penghargaan terbaik dua se-Polda Kalsel dari Ombudsman RI

Dan sesuai amanah Presiden RI Joko Widodo ada beberapa kegiatan yang harus disukseskan, yakni stunting, kemiskinan ekstrim, infrastruktur dan pelaksana pemilu yang berjalan aman lancar dan jurdil, termasuk di HSS.

Pihaknya bersyukur Pemkab HSS bersama dengan jajaran Forkopimda HSS, khususnya Polres HSS telah melakukan penandatangan bersama parpol agar pemilu berjalan lancar dan aman.

Kapolres HSS AKBP Leo Martim Pasaribu, mengatakan masyarakat Kabupaten HSS perlu berbangga dan bahagia dengan telah diresmikannya aplikasi Limapi, aula dan Gedung Satpas Prototype oleh Kapolda Kalsel.

Menurut Leo, aplikasi Limapi dibuat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat jika terjadi permasalahan, baik yang kecil maupun masalah di jalan raya.

“Aplikasi Limapi dibuat untuk mendekatkan layanan kita kepada masyarakat, melalui aplikasi Limapi masyarakat bisa melaporkan permasalahan melalui handphone dan tidak usah lagi ke kantor,” terangnya.

Sementara Gedung Satpas Prototype dibangun untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dalam urusan membuat dan memperpanjang SIM B1 ke bawah bisa dilakukan di Polres HSS.

Baca juga: Polres HSS lengkapi sapras dan logistik tingkatkan profesionalime tugas pokok

Ke depan, pihaknya akan mengusulkan kepada Kapolda Kalsel agar warga di Banua Enam bisa membuat SIM B1 di Polres HSS.

Adapun, Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, mengatakan Kungker ke Kabupaten HSS bertujuan melihat langsung kegiatan dan meresmikan aplikasi Limapi, aula dan gedung Satpas Prototype yang ada di Polres HSS.

“Dari hasil laporan Kapolres HSS dan Pj Bupati HSS hasilnya cukup baik, namun perlu dilihat langsung ke lapangan,” ucapnya.

Kapolda juga mengungkapkan dirinya juga akan melihat, bagaimana penilaian masyarakat terhadap kinerja kepolisian, khususnya di Polres HSS.

”Semoga fasilitas yang dibangun dapat meningkatkan dan mempermudah pelayanan bagi masyarakat Kabupaten HSS, sama dengan wilayah lain,” ujarnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024