Kapolres Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) AKBP Jimmy Kurniawan menyatakan proses pemungutan suara pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 berlangsung dengan sejuk hingga di desa terluar.

“Tidak ada laporan yang membahayakan keselamatan masyarakat, ratusan personel siap siaga mulai dari perkotaan hingga di desa terluar, dan rutin berpatroli,” kata dia di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Rabu.

Baca juga: Polres Hulu Sungai Tengah geser personel jaga TPS di desa

Dia menyebutkan pihaknya bersama unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat juga meninjau secara intensif seluruh wilayah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Bapak Bupati memimpin langsung saat meninjau TPS di beberapa kecamatan, dan kami memastikan bahwa proses pemungutan suara berlangsung dengan lancar dan tertib sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Jimmy menegaskan Polres HST dan pemerintah daerah setempat berkomitmen serta menjamin proses penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan dengan aman, damai, tertib, dan mengutamakan prinsip demokrasi.

Baca juga: Kapolres HST larang personel bawa senpi saat pengamanan TPS pemilu

Selain memantau jalannya pemungutan suara, Forkopimda setempat juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama perhitungan surat suara berlangsung.

Pada beberapa kunjungan di TPS, kata dia, pihaknya sekaligus mengimbau seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan bertanggung jawab.

Menurut Jimmy, sinergi kepolisian dan pemerintah daerah dengan masyarakat sangatlah penting agar pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dapat berjalan dengan sukses.

“Pemilu yang sukses akan menghasilkan pemimpin berkualitas yang dipilih secara demokratis dan langsung oleh rakyat,” ujarnya lagi.

Baca juga: Kriminal, hukum dan politik kemarin, mulai dari Kapolres HST bantu warga hingga lindungi konsumen

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024