Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) Ibnu Sina mengajak warga untuk ikut memilih pada pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) 2024 guna meningkatkan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI).

“Semakin banyak memilih, indeks demokrasi semakin baik pula, ayo gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya,” kata dia usai memberikan hak suara pada Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Banjar Indah Pemurus Dalam di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Wali Kota Banjarmasin: ada sanksi bagi penelpon iseng di call center darurat 112

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), indeks demokrasi di Kalimantan Selatan berada di angka 80,86 pada 2022, mengalami peningkatan 5,45 dibandingkan pada 2021 yang berada di angka 75,41.

“Setelah menjalankan kewajiban, masyarakat memiliki hak untuk menyampaikan aspirasi dan kritik untuk mengawal roda pemerintahan,” ujarnya.

Ibnu Sina mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan suara pada Pemilu 2024, ia mengajak masyarakat sama-sama mengawal proses demokrasi dengan baik dan menghormati siapapun yang terpilih setelah perhitungan suara nanti.

Ia berharap pemilu berjalan dengan jujur, adil, dan bermartabat guna melahirkan pemimpin bangsa yang akan membawa negara ke arah yang lebih baik lagi.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin gandeng UMKM kuliner lokal guna tangani stunting

Ibnu Sina memperkirakan secara keseluruhan di Kota Banjarmasin, mulai sore hari sudah dapat dilakukan perhitungan surat suara pencoblosan.

Sebelum memberikan hak suara di TPS, Wali Kota bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) memantau proses distribusi logistik pemilu yang di antar ke 1.940 TPS yang tersebar di lima kecamatan.

Kendati sempat terdapat kendala distribusi logistik pemilu, kata dia, pihaknya telah memastikan seluruh logistik sampai ke TPS sebelum waktu pencoblosan agar tidak mengganggu berlangsungnya proses penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Kita berharap Pemilu 2024 mampu melahirkan pemimpin yang berkomitmen untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya lagi.

Baca juga: Wali Kota Banjarmasin bertekad raih kembali Adipura

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024