Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur meminta pejabat maupun aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai lain menerapkan prinsip berakhlak saat melayani masyarakat
.
"Pelayanan yang diberikan sejatinya berorientasi pada prinsip akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif," ujar Saidi saat melantik ratusan pejabat di Aula BPSDM Banjar di Martapura, Senin.

Baca juga: Sekda Banjar apresiasi tinggi kehadiran ASN
 
Menurut Saidi, prinsip berakhlak merupakan landasan utama yang harus menjadi panduan setiap ASN baik pejabat maupun pegawai lain dalam tindakan dan keputusan saat melaksanakan tugas.
 
Bupati Banjar juga menekankan pentingnya adaptasi dan pencapaian target kinerja sehingga seluruh pejabat yang dilantik harus dapat dan cepat beradaptasi di lingkungan yang baru sehingga program bisa berjalan baik.
 
"Jalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik, cepat beradaptasi dan bekerja penuh dedikasi sehingga mampu mencapai target kinerja yang ingin diraih sehingga terwujud sesuai harapan," ungkapnya.
 
Dikatakan Saidi, rotasi dan promosi yang diberlakukan kepada pejabat hendaknya dipahami sebagai bagian dari dinamika dan perkembangan sebuah organisasi menuju target kinerja yang ingin dicapai.

Baca juga: Bupati ajak ASN berkerja untuk masyarakat
 
"Langkah yang diambil baik rotasi maupun promosi selain sebagai upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik, juga upaya adaptasi terhadap situasi dan perubahan," tuturnya.
 
Sementara itu, pejabat yang dilantik melalui pola rotasi maupun promosi dengan rincian sebanyak 54 pejabat promosi, 59 pejabat mutasi serta tiga pejabat fungsional yang diberikan tugas tambahan sebagai kepala puskesmas.
 
Ratusan pejabat struktural setingkat administrator, jabatan pengawas dan jabatan fungsional usai dilantik siap menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin di lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

Baca juga: ASN harus peka dinamika masyarakat

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024