Martapura, (Antaranews Kalsel) - Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Nasrun Syah mengapresiasi tingginya kehadiran aparatur sipil negara di daerah tersebut pada hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri.

"Kehadiran ASN tinggi sehingga kami mengapresiasi kesadaran aparatur sipil yang masuk kerja di hari pertama setelah libur panjang Idul Fitri," ujarnya di Kota Martapura, Kamis.

Pihaknya melakukan inspeksi ke sejumlah kantor pemerintahan di lingkup Pemkab Banjar untuk memastikan pegawai sudah masuk kerja pada hari pertama usai libur panjang.

Dia mengatakan kantor yang didatangi bersama sejumlah pejabat, yakni Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Kantor Kelurahan Jawa, dan Kantor Dinas Kesehatan.

"Kami sudah mengecek langsung tiga kantor itu dan seluruh pegawai mulai dari staf hingga kepala dinas hasil sehingga menunjukkan tingginya kesadaran ASN menjalankan tugas," ungkapnya.

Menurut dia, meskipun tidak bisa mengecek satu per satu satuan kerja baik dinas maupun badan tetapi dipastikan tingkat kehadiran aparatur negara sudah bagus atau tinggi.

Dia mengaku mendapatkan laporan terkait dengan kehadiran seluruh kepala dinas maupun badan yang menandakan kehadiran pegawai di instansi itu sudah cukup tinggi.

"Laporan yang kami terima, seluruh pimpinan OPD hadir di kantornya dan itu menandakan seluruh pegawai di dinas maupun badan sudah masuk kantor di hari pertama ini," ucapnya.

Dia mengatakan tingkat kehadiran ASN akan dihimpun Badan Kepegawaian Daerah dan hasilnya dilaporkan kepada Kementerian PAN-RB yang menilai sejauh mana kehadiran pegawai pada hari pertama itu.

"Jumlah pasti ASN yang hadir maupun tidak masuk kantor masih belum selesai direkap BKD. Jika sudah selesai maka diserahkan ke kementerian yang akan memproses lebih lanjut," ujarnya.

Ia menyatakan tidak pandang bulu mengambil tindakan jika menemukan pegawai yang tidak masuk kantor tanpa alasan jelas dan siap menjatuhkan sanksi sesuai aturan dan ketentuan kepegawaian.

"Kami tidak pandang bulu terhadap ASN yang melanggar aturan masuk kerja hari pertama ini dan kami meminta agar pimpinan OPD jangan melindungi anak buahnya jika salah," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018