Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga masa tenang Pemilu sejak 11-13 Februari hingga hari H pencoblosan pada 14 Februari 2024.
 
Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman di Banjarmasin, Minggu, menyampaikan apel siaga pengawasan masa tenang pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilu 2024 sudah dilaksanakan Pemkot Banjarmasin bersama unsur terkait lainnya.

Baca juga: Polresta Banjarmasin cek gudang logistik KPU jelang pencoblosan
 
Menurut dia, sebagai bagian dari pengawas Pemilu, semua aspek dapat memastikan kegiatan berjalan dengan aman hingga pencoblosan dan perhitungan suara.
 
"Kita berupaya memastikan bersama bahwa proses Pemilu berjalan dengan lancar, adil dan transparan di Kota Banjarmasin," tegasnya.
 
Dia juga mengingatkan agar semua aspek yang terlibat bisa bersifat independen dan tidak ada kepentingan pribadi atau golongan. 
 
"Kami ingin menekankan tentang pentingnya menjaga netralitas dan independensi dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas Pemilu," ujar Ikhsan.

Baca juga: 4.364 personel Polresta Banjarmasin amankan TPS Pemilu 2024
 
Dia juga mengingatkan semua elemen harus bisa menerima berbagai perbedaan memilih sebagai bagian dari demokrasi, hingga seterusnya kembali bersama membangun negeri ini.
 
"Jangan sampai karena berbeda pilihan, kita saling bermusuhan, kita semua harus dewasa, yang terpilih, itulah yang terbaik, kita kembali bersama untuk membangun negeri tercinta ini," ucapnya.
 
Pada masa tenang Pemilu ini, Pemkot Banjarmasin beserta Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) serta pihak Kepolisian melaksanakan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpampang di jalan dan sudut kota.
 
Pada Pemilu 2024, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Banjarmasin sebanyak 485.062 orang. 
 
Untuk tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 1.935 titik dan lima TPS di lokasi khusus (Lapas Kelas 2A Banjarmasin).

Baca juga: Polresta Banjarmasin cek kesiapan personel pengamanan Pemilu 2024

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024