Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Bawaslu HSS) Kalimantan Selatan menggelar apel siaga untuk pengawasan masa tenang, pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu HSS Hasnan Fauzan di Kandangan, Minggu, mengatakan apel ini menegaskan komitmen bersama terhadap kelancaran dan keterbukaan publik untuk pelaksanaan Pemilu 2024.

"Giat kita melibatkan partisipasi aktif dari seluruh komponen penyelenggara pemilu," ujar Hasnan.

Hasan menyebutkan apel tersebut melibatkan KPU, Bawaslu, Panwascam se-HSS, pengawas kelurahan/desa, pihak keamanan dari TNI, Polri, dan Satpol PP,

Baca juga: Bawaslu Kalsel temukan ribuan surat suara rusak di HSS

Dijelaskan Hasnan, Pemilu 2024 di Kabupaten HSS diharapkan menjadi contoh, dari proses demokrasi yang berkualitas dan diwarnai partisipasi aktif masyarakat.

Apel siaga ini menjadi momentum menjaga keberlangsungan demokrasi, yang sehat dan berkeadilan.

Penjabat Bupati HSS Hermansyah mengatakan kegiatan ini memegang peranan penting untuk memastikan kesuksesan penyelenggaraan demokrasi terutama di Kabupaten HSS.

"Dalam rangka menjaga integritas dan demokrasi, apel siaga yang kita laksanakan hari ini merupakan wujud nyata untuk kita terus memastikan pelaksanaan tahapan pemilu berjalan dengan lancar, adil, dan damai," ucapnya.

Baca juga: Polres HSS Kalsel ajak 14 parpol deklarasi damai Pemilu 2024

Hermansyah turut mengajak seluruh peserta yang berhadir memastikan bahwa seluruh elemen masyarakat memahami pentingnya menjaga masa tenang, agar proses pemilu berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pihaknya ingin seluruh pengawas pemilu dan jajaran penyelenggara pemilu untuk dapat bekerja dengan penuh integritas dan netralitas.

"Serta pengawas pemilu harus memahami sepenuhnya aturan dan regulasi, sehingga pemilu dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan," ucap Hermansyah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024