Balangan, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, sampaikan rencana membangun Markas Kepolisian Sektor (Polsek), beserta rumah tinggal Kapolsek di Kecamatan Tebing Tinggi pada 2017.


Janji pembangunan Polsek Tebing Tinggi tersebut kembali disampaikan Bupati Balangan H Ansharuddin, di hadapan Kapolres Balangan, AKBP Moh Zamroni, Selasa (11/10).

"Ini terkait upaya peningkatan keamanan khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi, agar masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman," katanya.

Dikatakan, Saat ini sudah diusulkan dan tinggal pengesahan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan.

"Bahkan kita sudah punya rencana lahan untuk pembangunan Polsek Tebing Tinggi serta rumah tinggal Kapolsek, sesuai kebutuhan desain," ujarnya singkat.

Kabupaten Balangan yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Hulu Sungai Utara pada Februari 2003 dan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno pada 8 April 2003, saat ini memiliki delapan kecamatan.

Hingga saat ini di Kabupaten Balangan baru terdapat enam Mapolsek, yang ada di Kecamatan Lampihong, kemudian di Paringin mewilayahi dua kecamatan, yakni Paringin dan Paringin Selatan.

Kecamatan Batu Mandi, Kecamatan Juai, Kecamatan Halong, dan di Kecamatan Awayan yang mewilayahi dua kecamatan, yakni, Awayan dan Kecamatan Tebing Tinggi.

Untuk diketahui, data Kecamatan dan Desa di Balangan, Kecamatan Paringin 14 desa, Paringin Selatan 15 desa, Batumandi 19 desa, Lampihong 27 desa, Juai 21 desa, Halong 24 desa, Awayan 23 desa dan Tebing Tinggi 12 desa.

Maka dengan rencana dibangunnya Mapolsek Tebing Tinggi, kedepan Bumi Sanggam akan memiliki tujuh Polsek yang siap membantu dan melayani masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Kapolres Balangan, AKBP Moh Zamroni SIk menyambut baik rencana Pemkab Balangan tersebut dalam upaya menambah Mapolsek di "Bumi Sanggam".

Untuk masalah personil, ujar Kapolres, akan mengoptimalkan dari personil Polres Balangan, hingga ada penambahan dari Mapolda Kalsel nantinya.

"Terimakasih kepada Pemkab Balangan yang telah menganggarkan pembangunan Polsek Tebing Tinggi, denga berdirinya Mapolsek disana akan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016