Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar "Turun Kampung" ke Loksado (Turkam De Loksado) guna memonitor dan mengevaluasi (Monev) pembangunan infrastruktur dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat.

"Kita bersyukur telah melaksanakan kegiatan Turkam memberikan bantuan terutama di Kecamatan Loksado, sekaligus melihat kondisi di lapangan, karena menjadi kawasan pariwisata strategis nasional," kata Hermansyah di Loksado, Kamis.

Baca juga: Pj Bupati HSS harapkan kehadiran ritel modern ciptakan lapangan kerja

Dijelaskan Hermansyah, pihaknya juga melihat sarana dan prasarana yang menunjang karena Loksado menjadi salah satu tempat yang ditetapkan sebagai strategis pariwisata melalui wisata "bamboo rafting".

Hermansyah mengungkapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga memasukkan Loksado menjadi kalender kegiatan nasional sehingga harus memperhatikan beberapa aspek, seperti jembatan gantung yang memang perlu pembenahan.

"Selain itu, juga berbagai jalan yang harus kita perbaiki, mudah-mudahan sarana dan prasarana di Loksado ini bisa kita tingkatkan di tahun-tahun yang akan datang," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pemerintah daerah akan melaksanakan pembenahan, termasuk sarana dan prasarana di sekitar Loksado.

Baca juga: Sekda HSS pimpin rapat koordinasi TKDN Tahun 2024

Dari pantauan lapangan, Hermansyah menuturkan telah melihat kondisi yang ada, sehingga Pemkab HSS akan mengambil sejumlah langkah konkrit penanganan, seperti untuk kawasan wisata Air Panas Tanuhi.

"Apa yang kita lakukan ini tadi, kita ingin agar kesejahteraan masyarakat di HSS ini semakin meningkat dengan akses sarana prasarana yang memadai, tentu distribusi ekonomi kita akan akan semakin baik," jelasnya.

Rombongan pejabat Pemkab HSS memantau kemajuan pembangunan jalan, jembatan, dan sarana publik lain yang menjadi prioritas pemerintah, terutama usulan prioritas pada Musrenbang RKPD 2025.

Pj Bupati HSS dan rombongan memilih menggunakan motor trail untuk menjangkau lokasi terpencil dan sulit diakses di Kecamatan Loksado.

Baca juga: UPT BPSDMP Kementerian Kominfo RI tawarkan kerjasama pelatihan di HSS

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024