Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Kalimantan (Kalsel) Muhammad Noor memimpin rapat koordinasi (rakor) Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Tahun 2024, di aula Rakat Mufakat Setda HSS.

Ia mengatakan, rakor ini dalam upaya terus meningkatkan angka belanja produk dalam negeri, dalam berbagai macam cara, bertujuan mencapai realisasi menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Rakor kita menindak lanjuti instruksi presiden Nomor 2 Tahun 2022. tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Koperasi (UMKK) ," ujarnya, di Kandangan, Rabu.

Baca juga: Sekda HSS pimpin rakor rencana relokasi pembangunan Puskesmas Bajayau

Selain itu, juga telah diterbitkan surat dari Sekda HSS Nomor 500/3/EKOBANG/2024, Tanggal 12 Januari 2024, perihal tentang data usulan Target TKDN dan e-Purchasing Tahun Anggaran 2024.

Dalam kesempatan tersebut, sekda memapaparkan terkait arahan Presiden RI Joko Widodo, yang diberikan kepada kepala daerah terkait langkah upaya meningkatkan sosialisasi peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi kepada seluruh pemangku kepentingan, agar memanfaatkan katalog elektronik lokal.

"Selain itu, kita diminta mengoptimalkan jumlah etalase, jumlah produk tayang, dan jumlah UMKK sebagai penyedia dalam katalog elektronik lokal, dengan menayangkan seluruh kebutuhan barang dan jasa di perangkat daerah," terangnya.

Baca juga: Kasus stunting di HSS hingga akhir Desember 2023 menurun

Lebih lanjut, ia mengutarakan sesuai instruksi Presiden RI tersebut, untuk mengutamakan penggunaan produk dalam negeri dan produk UMKK dilakukan sejak tahap perencanaan.

Kemudian, persiapan pengadaan, persiapan pemilihan, dan pelaksanaan kontrak, serta mendorong pelaku UMKKK menayangkan kebutuhan barang dan jasa ke dalam Katalog Elektronik.

"Tentunya kita berharap dengan terlaksananya rakor hari ini, mampu memaksimalkan upaya kita dalam mencapai target TKDN dan e-Purchasing Tahun Anggaran 2024," ucapnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024