Balangan, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) setempat melakukan penandatanganan MOU pelayanan kecelakaan lalu lintas terpadu, Selasa (11/10) di Mapolres setempat.


Kapolres Balangan, AKBP Moh Zamroni, yang memimpin langsung acara tersebut mengatakan, intensitas rawan laka di "Bumi Sanggam" semakin tinggi akibat faktor cuaca yang semakin ekstrim dan kondisi jalan yang rusak.

Tidak hanya faktor itu saja lanjut Kapolres, kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas juga masih kurang, pengetahuan peraturan berkendara lalu lintas agar lebih disosialisasikan lebih giat lagi oleh Satuan Lalu lintas Polres serta instansi terkait.

Dikatakan, peningkatan pelayanan secara online pun telah diupayakan oleh Polres Balangan dalam meningkatkan pelayanan publik agar lebih maju. 

"sinergitas dilapangan apabila terjadi kecelakaan lalu lintas sangat diharapkan untuk kesolidan demi penangganan yang cepat bagi korban kecelakaan tersebut," ujarnya.

Dijelaskan, mengenai Keterkaitan kesepakatan MOU ini dengan istansi terkait agar dapat saling memahami tugas masing-masing, seperti pihak jasaraharja, Dinas Perhubungan bahkan dinas BPBD yang ada.

"Tim terpadu ini diharapkan dapat di publikasikan ke masyakat sehingga masyarakat lebih mengerti tentang prosedur penangganan laka lantas, terutama menyangkut santunan atau jasa raharja yang dapat diberikan kepada keluarga korban yang mengalami musibah tersebut. Keaktifan dalam melakukan pelayanan juga sudah dilakukan oleh RSUD Balangan dalam penangganan kecelakaan Lalu lintas," jelasnya.

Direktur RSUD Balangan Dokter Ferry dalam penyampaian saat kegiatan tersebut, tidak memilah terhadap korban kecelakaan dengan memanfaatkan jamkesda yang sudah ada sesuai program pemerintah daerah dalam mensehatkan masyarakat Balangan. 

“Walaupun korban Laka tersebut bukan warga Balangan, tetap akan kami layani meskipun pihak rumah sakit yang menanggung biaya pengobatannya. ini merupakan bentuk rasa kemanusiaan dari RSUD Balangan” ungkap  Dr Ferry.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016