Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) semakin aktif dalam upaya peningkatan gizi masyarakat.

"Salah satunya kita lakukan dengan menyelenggarakan sosialisasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) di Sekretariat TP PKK HSS, mengkampanyekan gemar makan ikan," kata Penjabat (Pj) Ketua PKK HSS Rusnawati Hermansyah dalam sambutan, mengutip pers release Diskominfo HSS, di Kandangan, Selasa.

Dijelaskan Rusnawati, mewujudkan masyarakat sehat dan cerdas, khususnya di Kabupaten HSS dengan menggunakan ikan sebagai menu utama keluarga.

Baca juga: GOW HSS gelar peringatan Isra Mi'raj 1445 Hijriah

Kegiatan ini digelar untuk sosialisasi FORIKAN tingkat kabupaten Tahun 2024, dan juga dalam rangka mengikuti lomba memasak.

Pihaknya mengharapkan kegiatan ini membawa manfaat, dalam mengkampanyekan gemar makan ikan dalam menu makanan utama keluarga di Kabupaten HSS.

"Dapat meningkatkan kualitas SDM kita, melalui perbaikan gizi masyarakat yang bersumber dari ikan," ujarnya.

Selain itu, mengembangkan dan menguatkan ekonomi masyarakat melalui pemasaran hasil perikanan, dan meningkatkan konsumsi ikan penduduk Indonesia, menuju masyarakat yang sehat dan cerdas.

Baca juga: HSS gelar peringatan puncak Hari Ibu Tahun 2023

Adapun FORIKAN merupakan langkah konkrit untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya mengonsumsi ikan secara berimbang, dalam mewujudkan gizi seimbang dan kehidupan yang sehat.

Sosialisasi ini menyoroti manfaat kesehatan yang didapatkan dari konsumsi ikan, sebagai sumber protein berkualitas tinggi, asam lemak omega-3, dan nutrisi penting lainnya.

Kegiatan ini diselenggarakan Kepala Bidang BP2HP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel Khairuddin, yang didampingi perwakilan dari Dinas Perikanan HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024