Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Hermansyah Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (PKK) HSS Rusnawati Hermansyah, menghadiri puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) Tahun 2023.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) HSS Elyani Yustika, di Kandangan,  menyampaikan tema PHI ke-95 adalah "Perempuan Berdaya Indonesia Maju".

"Sebelumnya, ada beberapa rangkaian kegiatan yang kita laksanakan dalam PHI ini," ujarnya dalam keterangan, di Kandangan, Kamis.

Dijelaskan dia, rangkaian kegiatan tersebut seperti  yakni Ziarah ke Makam Pejuang Perempuan Aluh Idut  dan Rahma Bahran, Anjangsana ke rumah tokoh perempuan Ibunda H. Achmad Fikry.

Baca juga: Pelaku UMKM HSS dilatih pengelolaan bisnis dan manajemen usaha

Kemudian, Jumat berkah perempuan berbagi, lomba kudapan berbahan lokal, lomba membuat bucket dari snack, lomba fashion show serta pameran dan bazar produk UMKM HSS.

“Kita juga bersyukur karena Kabupaten HSS kembali mendapatkan penghargaan desa peningkatan kualitas keluarga (PK2D) terbaik tahun 2023 kategori utama, untuk Desa Lokus Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan," ujarnya.
 
Selain itu, HSS baru saja mendapatkan penganugerahan Parahita Ekapraya kategori Madya, naik satu tingkat dari tahun sebelumnya oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak RI.

Sementara itu, Pj Bupati HSS Hermansyah, mengucapkan Selamat Hari Ibu ke-95 tahun, dan berterimakasih kepada para Ibu- Ibu Hebat Indonesia yang selama ini sudah turut berperan untuk pembangunan dan kemajuan bangsa.

“Dibalik kesuksesan dan keberhasilan seorang lelaki, terdapat seorang wanita hebat di belakangnya,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan harapannya peringatan Hari Ibu ke-95 tahun ini dapat menjadi tonggak sejarah baru bagi perjalanan perempuan Indonesia.

Baca juga: Hj Rusnawati: Penyuluhan hukum upaya cegah KDRT dan lindungi anak-anak

Sekaligus, suatu momentum untuk semua dalam memahami dan menghargai kontribusi yang diberikan oleh perempuan, karena mereka merupakan pilar utama untuk memajukan bangsa.

"Perempuan di Indonesia juga telah mengambil peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, sosial dan budaya," ucapnya.

Mereka merupakan pilar utama dalam membangun fondasi yang kuat, bagi pertumbuhan dan perkembangan demi memajukan bangsa.

Terakhir, ia mengajak para ibu untuk bersama-sama terus bergandeng tangan, untuk mewujudkan generasi emas Indonesia sehingga tercapainya Indonesia yang maju dan sejahtera.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023