Sitria Maulida yang kini menyandang gelar sarjana jurusan manajemen IPB University berhasil meraih predikat terbaik penerima Beasiswa Utusan Daerah (BUD) PT Adaro Indonesia angkatan 2019.

Alumni SMA Negeri 1 Paringin Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan ini dinobatkan sebagai juara pertama dengan segudang prestasi selama kuliah di IPB University pada acara pengukuhan dan pelepasan mahasiswa penerima BUD Adaro di Novotel Banjarbaru, Selasa.

Usai menerima plakat penghargaan dan hadiah dari Adaro Sitria mengaku bisa kuliah di luar Kalimantan dengan dukungan beasiswa Adaro jadi kesempatan yang sangat berharga.

Bukan sekadar bebas biaya kuliah dan mendapat fasilitas lain secara gratis, menjadi penerima BUD banyak pengalaman yang diperolehnya.

"Selama menjadi penerima beasiswa utusan daerah saya bisa mengikuti banyak kegiatan organisasi, lomba serta pengalaman yang bermanfaat selama kuliah di IPB University," jelas Sitria.

Baginya program Adaro membangun generasi unggul gasan banua melalui BUD di IPB University dan UPN Veteran Yogyakarta menjadi amal jariyah bagi perusahaan pertambangan batu bara ini.

Putri pasangan H Jafar (alm) dan Hj Sariyati ini berhasil menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University selama empat tahun sejak 2019 hingga November 2023.

Kemampuan akademiknya memang cukup menonjol sejak di bangku SMA dan mendapat kesempatan mengikuti seleksi calon mahasiswa penerima BUD Adaro di tingkat kabupaten.

Tahapan seleksi pun dilalui Sitria dengan mulus mulai dari tes akademik, psikotes hingga wawancara.

"Kami yang lulus seleksi nilai raportnya dikirim ke IPB University untuk menentukan layak atau tidaknya," jelasnya.
Penerima BUD Adaro terbaik I, II dan III usai menerima penghargaan dari manajemen PT Adaro Indonesia. (ANTARA/HO-YABN)

Hasilnya peraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah & Best Presentation Festival Economics Competition Universitas Bangka Belitung ini terpilih menjadi penerima BUD angkatan 2019 dengan jurusan manajemen di Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University.

Segala macam keperluan kuliah mulai UKT, uang saku, tempat tinggal hingga biaya penelitian disupport oleh Adaro.

Tak hanya dukung pendanaan, Adaro juga secara rutin melakukan monitoring dan evaluasi kepada para penerima BUD selama kuliah di IPB University maupun UPN Veteran Yogyakarta.

Sementara itu, penerima BUD dari Barito Kuala Muhamad Ihsanul Fikri jurusan agribisnis angkatan 2019 meraih penghargaan terbaik kedua BUD Adaro dan terbaik ketiga diterima Umi Afiva mahasiswa jurusan teknologi lingkungan UPN Veteran Yogyakarta asal Kabupaten Tabalong.

Fikri dan Umi juga menunjukan pencapaian membanggakan yang serupa dengan Sitria selama menjalani masa pendidikan di IPB University dan UPN Veteran Yogyakarta.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024