Magelang, (Antaranews Kalsel) - Ratu Thailand, Ratu Sirikit, dijadwalkan melakukan kunjungan resmi kenegaraan di Indonesia, dan secara khusus akan mengunjungi Objek Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Ratu Sirikit akan berkunjung ke Indonesia pada November 2016, di Jawa Tengah akan mengunjungi Candi Borobudur dan Candi Prambanan," kata Duta Besar Thailand untuk Indonesia Paskorn Siriyaphan saat bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Bakorwil II Magelang, Rabu.

Ia mengungkapkan bahwa sebagian besar warga negara Thailand yang beragama Budha, mengagumi dan tertarik mengunjungi Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Banyak warga kami yang tertarik berkunjung ke Candi Borobudur, tapi kesulitan akses rute penerbangan yang langsung ke Jawa Tengah," ujarnya.

Terkait dengan hal tersebut Paskorn berharap ada rute penerbangan dari Bangkok, Thailand, ke Surakarta, Jawa Tengah.

Selama ini, kata dia, baru ada rute penerbangan dari Bangkok ke Jakarta dan Bali, Indonesia.

"Saya siap mengusahakan pembukaan jalur penerbangan dari Thailand ke Jawa Tengah, tinggal sekarang bagaimana pemerintah setempat," ujarnya.

Ia juga akan mempromosikan sejumlah objek wisata yang ada di Jateng kepada warga negara Thailand.

Menanggapi hal tersebut, Ganjar mengatakan bahwa Pemprov Jateng akan menjajaki kerja sama bilateral dengan negara Thailand di bidang pariwisata, pertanian dan investasi.

"Kami akan tindak lanjuti 'direct flight' dari Bangkok ke Solo karena potensi (kerja sama) pariwisata dengan Thailand sangat luar biasa, apalagi 95 persen warga Thailand beragama Budha," katanya./f

Pewarta: Wisnu Adhi N.

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016