Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor mengatakan pelajar harus mampu beradaptasi dengan lingkungan untuk disiapkan sebagai generasi muda penyangga masa depan bangsa dan negara.

“Sekolah sebagai penggerak selalu memberikan kesempatan yang sama bagi pelajar agar bertumbuh kembang dengan integritas yang kuat,” kata dia usai menghadiri HUT ke-45 SMAN 5 Banjarmasin di Kota Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Gubernur Kalsel salurkan 1,85 ton ikan untuk jamaah Haul Guru Sekumpul

Dia menekankan pelajar harus memiliki kualitas yang mumpuni sehingga benar-benar siap untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.

“Sebagai satuan pendidikan yang bermutu, sekolah harus hadir sebagai pembawa perubahan dan mampu memberikan solusi bagi lingkungan sekitar,” ujarnya.

Sahbirin menuturkan sekolah yang berintegritas tentu akan melahirkan pelajar yang kreatif, unggul, berprestasi, dan berkarakter Pancasila.

Gubernur menjelaskan untuk menyambut dan mewujudkan Indonesia Emas 2045, peran penting sekolah dan pelajar sangat dibutuhkan, tak hanya kaum akademik tetapi juga seluruh kalangan dari berbagai unsur lembaga maupun masyarakat.

Baca juga: Gubernur Kalsel: Dapur umum siap layani jamaah Haul Guru Sekumpul

Oleh karena itu, dia meminta instansi sekolah harus mampu berkembang dan terus bergerak meningkatkan mutu pendidikan guna melahirkan generasi penerus bangsa sebagai penyangga bangsa di masa yang akan datang khususnya di Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Sahbirin memberikan apresiasi kepada guru SMAN 5 Banjarmasin yang telah berkontribusi memberikan sumbangsih yang tak hentinya mendidik generasi muda untuk disiapkan sebagai calon pemimpin bangsa.

Gubernur juga memberikan penghargaan berupa hadiah umroh gratis kepada 12 pensiunan guru SMAN 5 Banjarmasin.

“Peran guru sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas SDM pelajar agar tumbuh menjadi kaum intelektual yang berkarakter dan berakhlak mulia,” ujarnya lagi.

Baca juga: Gubernur Kalsel ingatkan ASN tiga poin penting mengawali anggaran 2024

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024