Tim Asesor yang ditunjuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan asesmen atau penilaian lapangan akreditasi untuk Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (FKIP ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Asesmen lapangan jadi tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi, dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED)," kata Ketua Tim Asesor Prof Wahono Widodo di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Alumni Fakultas Keguruan ULM bicarakan "penyelewengan bahasa"

Guru Besar Pendidikan IPA dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ini mengakui komitmen ULM dalam hal penjaminan mutu pendidikan yang dibuktikan dari kelengkapan data yang dimiliki.

Sehingga menurutnya asesmen kali ini berjalan dengan mudah dan lancar tanpa kendala yang berarti.

“Kami menikmati prosesnya karena hampir semua dokumen ditautkan, sehingga tidak lagi kesulitan untuk mencari dokumennya," jelasnya.

Sementara Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri mengatakan menjalani asesmen lapangan merupakan sebuah wujud komitmen Prodi Pendidikan Fisika dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan yang diberikan pemerintah melalui akreditasi.

Baca juga: FKG ULM berikan perawatan gigi dan mulut gratis ke masyarakat

Menurut dia, proses akreditasi yang sedang dijalani adalah sebuah proses untuk mengukur sejauh mana kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh sebuah prodi.

“Proses akreditasi adalah proses belajar untuk melihat kekurangan dan kelebihan kita untuk mengembangkan," tegasnya.

Oleh karena itu, dia mengingatkan semua catatan dan arahan dan tim asesor harus dipedomani secara sungguh-sungguh untuk kemajuan sebuah prodi ke depannya.

Baca juga: Rektor ULM atensi realisasi program MBKM untuk peningkatan IKU 2

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024