Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat (FKG ULM) bekerja sama dengan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Gusti Hasan Aman memberikan layanan perawatan gigi dan mulut gratis ke masyarakat dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) Tahun 2023.


"Kami kerahkan mahasiswa FKG baik Prodi S1 maupun profesi yang memberikan layanan kesehatan gigi dan mulut terhadap ratusan masyarakat," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin.


Kegiatan mengusung tema “Senyum Indonesia, Gigi Kuat Mulut Sehat” untuk layanan pemeriksaan dan tindakan-tindakan medis seperti pembersihan karang gigi, penambalan sederhana gigi permanen, pencabutan sederhana gigi permanen, topikal aplikasi flouride, fissure sealant, dan pencabutan gigi susu. 
 
Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri didampingi Dekan FKG ULM Prof drg Maharani Laillyza Apriasari saat membuka kegiatan pelayanan kesehatan mulut dan gigi gratis. (ANTARA/Firman)


Dikatakan rektor, gigi berlubang paling banyak ditemukan sebagai permasalahan pasien selama ini.


Oleh karena itu, dia meminta FKG ULM bisa turut berperan dalam penyuluhan kesehatan gigi terutama agar sejak dini terhindar dari gigi berlubang.


Di sisi lain, rektor menyatakan kegiatan semacam ini akan menjadi sebuah sarana bagi pengembangan profesionalitas mahasiswa baik di jenjang S1 maupun profesi yang menjadi wadah untuk mengasah soft skill dan hard skill.


"Sinergi antara FKG ULM dan RSGM untuk mengadakan kegiatan positif seperti ini perlu terus dilakukan karena sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya didampingi Dekan FKG ULM Prof drg Maharani Laillyza Apriasari.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023