Masyarakat Kabupaten Tapin membuka puluhan tempat istirahat (rest area) dengan layanan makan, minum hingga bengkel gratis untuk jamaah Haul ke-19 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Kepala Koordinator Relawan Sekumpul Tapin Yose Rahman menyebutkan terdapat 48 tempat istirahat yang dibangun masyarakat dan dua lokasi yang dibangun pemerintah untuk arus balik.

Baca juga: Gubernur Kalsel: Dapur umum siap layani jamaah Haul Guru Sekumpul

"Alhamdulillah ada 50 rest area," ujar Yose di Rantau, Kabupaten Tapin, Minggu.

Salah satu tempat yang ramai dikunjungi para jamaah Haul Guru Sekumpul di Rest Area Lampu Merah Kupang Jalan A. Yani Trans-Kalimantan di Kabupaten Tapin.

Koordinator Rest Area Lampu Merah Kelurahan Kupang Hendra Bangking mengatakan jamaah mulai ramai dari arah Kalimantan Timur pada Sabtu malam hingga sekarang.

"Kurang lebih ada 500 jamaah per hari yang singgah di rest area kita," tutur Hendra kepada ANTARA.

Baca juga: Bupati Banjar tinjau Perempatan Sekumpul yang dipenuhi ribuan jamaah
 
Seorang relawan di Rest Area Lampu Merah Kupang Kabupaten Tapin memberikan angin untuk kendaraan jamaah Haul Sekumpul, Minggu (14/1/2024). ANTARA/Muhammad Fauzi Fadilah

Hendra mengatakan layanan yang diberikan untuk para jamaah ini mulai dari tempat istirahat, makan, minum, servis kendaraan dan mobil hingga bahan bakar minyak gratis.

"Jamaah ada yang dari Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, hingga Hulu Sungai (Kalimantan Selatan)," ungkap Hendra.

Disebutkan Hendra, dominasi kendaraan yang dipakai oleh para jamaah, yakni roda dua dan kepadatan kunjungan terjadi pada pagi, sore hingga malam.

"Insya Allah, rest area ini kita buka sampai H+3 (18  Januari). Kita siap melayani arus balik ke pulangan jamaah Haul Sekumpul," ujarnya.

Diakui Hendra, masyarakat yang gotong-royong sangat senang bisa melayani para pencinta ulama kharismatik yang akrab disapa Abah Guru Sekumpul ini.

"Silahkan datang, dan jangan segan-segan untuk singgah," ucapnya.

Baca juga: Komunitas bengkel layani servis gratis bagi jamaah Haul Guru Sekumpul

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024