Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1022 Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membuka jalan sepanjang lima kilometer dengan lebar enam meter di Desa Tibarau Panjang, Kecamatan Kusan Hulu, Tanah Bumbu.

"Pembukaan badan jalan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 97 Tahun 2016 yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu," kata Komandan Kodim 1022 Tanah Bumbu Letnan Kolonel Infanteri Mustakim, di Batulicin.

Ia mengatakan, kegiatan TMMD merupakan kegiatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bersama Kodim 1022 yang memiliki tekad bersama menjaga keamanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta mendorong untuk mensukseskan program pembangunan.

Selain itu, meningkatkan perekonomian masyarakat, menumbuhkembangkan semangat masyarakat untuk membangun daerahnya, serta meningkatnya kemanunggalan TNI dan rakyat.

Dipilihnya Desa Tibarau Panjang, Kecamatan Kusan Hulu pada pelaksanaan TMMD 2016 karena desa tersebut merupakan desa terpencil dengan potensi sumber daya alam yang melimpah.

Sektor pertanian dan perikanan sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi kekuatan ekonomi bagi masyarakat.

Jarak Desa Tibarau Panjang, Kecamatan Kusan Hulu ke Ibukota Kabupaten Tanah Bumbu sepanjang 47 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Diharapkan dengan pembuatan badan jalan tersebut dapat memudahkan akses transportasi masyarakat dari desa ke perkotaan.

"Selain membangun jalan, pelaksanaan TMMD juga melakukan rehap total terhadap lima rumah warga yang tidak layak huni dan rehap total satu tempat ibadah atau Mushola yang ada di desa tersebut," katanya.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, menyambut baik atas dilaksanakanya TMMD yang merupakan kerja sama Pemkab Tanbu dan KODIM 1022 untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat, diharapkan dapat mendorong terwujudnya percepatan untik menunjang kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016