Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Satuan Reserse Kriminal Polres Balangan dan Unit Reskrim Polsek Batumandi, Kabupaten Balangan, Kalsel, meringkus anak di bawah umur bersama tiga temannya karena diduga sebagai pelaku pencurian di Desa Guha, kabupaten setempat.

Pelaksana Tugas Harian Kasat Reskrim Polres Balangan AKP Dany Sulistiono SE di Balangan, Jumat, mengatakan, ada empat pelaku dalam aksi pencurian itu.

Dari empat pelaku itu satu orang di antaranya masih di bawah umur dan dia juga menjadi otak dalam aksi pencurian tersebut.

Terus dikatakannya, untuk empat pelaku pencurian itu diringkus tim gabungan Polres Balangan, di tempat dan waktu yang berbeda.

Untuk pelaku atas nama Rajawali (19), AR (15) otak dalam aksi pencurian dan Amirudian (25) diringkus pada Kamis (29/9) sore, sekitar pukul 15.00 Wita.

Sedangkan untuk satu pelaku lagi atas nama As` ari (19) diringkus pada Jumat (30/9) dini hari, sekitar pukul 02.00 Wita, saat pelaku berada di dalam rumah dan sedang beristirahat.

"Keempat pelaku pencurian itu merupakan warga Desa Guha Kabupaten Balangan," ucap pria yang pernah menjabat sebagai Kanit Tipiter Polresta Banjarmasin itu.

Pria yang juga menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Balangan itu terus mengatakan, untuk korban dalam aksi tersebut diketahui bernama H Jurjani (70) Petani, warga Desa Guha RT03 Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan.

"Komplotan ini sudah dua kali melakukan aksi pencurian yang pertama di bulan Agustus dan dalam aksi yang kedua kali ini mereka semua berhasil diringkus karena korban cepat melapor," ujar pria mantan Kapolsek Sei Loban itu.

Dikatakannya, untuk barang bukti berhasil diamankan polisi berupa uang sejumlah Rp5 juta dan uang itu disimpan pelaku di sela sela seng dapur rumah pelaku AR.

Semua pelaku dalam aksi tersebut beserta barang buktinya dibawa ke Polres Balangan untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan.

Untuk diketahui aksi pencurian yang diotaki pelaku AR tersebut dilakukan pada Rabu (28/9) pagi, sekitar pukul 10.00 WITA. Dan penangkapan keempat pelaku tersebut di pimpin AKP Dani Sulistiono dan Kapolsek Batumandi Iptu Pol Rudiantoro. 


Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016